Obama diminta merubah White House menjadi Green House

Belum genap sehari menempati rumah barunya di White House, Obama sudah diminta melakukan banyak perubahan sebagaimana tema kampanye yang ia usung dulu. Harapan luar biasa besar ditumpahkan di pundak  pria keturunan kenya itu. Salah satu permintaan yang sudah disampaikan kepada Obama adalah untuk segera merubah White House, istana Kepresidenan Amerika menjadi Green house. Para aktivis lingkungan menyampaikan tuntutan perubahan kebijakan lingkungan hidup Pemerintah Amerika.

Istana Kepresidenan Amerika, the White House, bangunan besar berdiri di atas tanah seluas 55.000 squarefeet. Ada 132 buah ruangan, dan sebanyak lebih dari 35 kamar mandi. Kebutuhan air untuk istana presiden ini lebih dari 1 juta gallon air per tahun, dan menimbulkan sampah lebih dari 50 ribu pound sampah setahun. Berdasarkan perhitungan, the White House mengeluarkan emisi setara dengan 1,5 juta ton CO2 setahun.

Dengan besarnya bangunan White House dan pemanfaatan sumber daya, maka Obama diharapkan melakukan upaya perubahan untuk menjadikan White House menjadi bangunan yang ramah lingkungan, menjadi green building. Para aktivis lingkungan menuntut agar Obama mengkonversi White House menjadi Green House yang hemat enerji dan ramah lingkungan.

Di jaman presiden Jimmy Carter, pada tahun 1979, White House pernah dilengkapi dengan pembangkit listrik tenaga matahari (solar cell), akan tetapi di era Ronald Reagen, dengan alasan tertentu peralatan solar cell tersebut dibongkar.  Sejak jaman Clinton, secara bertahap beberapa fasilitas Gedung Putih di ganti dengan peralatan yang lebih hematair dan hemat enerji. Di tahun 2002, solar cell yang baru dipasang untuk kebutuhan listrik.

Kini Obama dituntut untuk lebih peduli lingkungan dan perubahan iklim. Obama sendiri sewaktu kampanye menjanjikan akan merubah kebijakan pemerintahnya tentang perubahan iklim. Karena itulah, perubahan kebijakan itu dituntut harus dimulai dari rumah dinas Obama di Gedung Putih. Waktu yang akan membuktikan, apakah Obama akan konsisten dengan janji-janjinya termasuk janji perubahan perlindungan iklim.

The world is waiting for you Mr. “Cikini” Obama!.

One thought on “Obama diminta merubah White House menjadi Green House

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s