Udara Bersih Tingkatkan Harapan Hidup

Kompas, Jumat, 23 Januari 2009

WASHINGTON, KAMIS – Menurut hasil studi terbaru, udara lebih bersih memperpanjang angka harapan hidup lebih dari lima bulan di 51 kota di AS. Tim peneliti dari Universitas Brigham Young dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Harvard menemukan, rata-rata angka harapan hidup di kota-kota itu meningkat hampir tiga tahun —lima bulan di antaranya diperoleh karena udara bersih. Mereka mencapai rata-rata usia 77 tahun. Penelitian dilakukan tahun 1980- 2000.

”Peningkatan angka harapan hidup yang sangat signifikan merupakan kontribusi dari pengurangan polusi udara,” kata C Arden Pope III, epidemiologis Universitas Brigham Young yang juga memimpin studi itu, kepada AFP, Kamis (22/1) di Washington, AS. Hasil penelitian itu dipublikasikan dalam The New England Journal of Medicine.

”Kita mendapat hasil investasi substansial dengan memperbaiki kualitas udara. Kita tidak hanya mendapat udara lebih bersih yang memperbaiki lingkungan, tetapi juga meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ujarnya. Para peneliti membandingkan data itu dengan angka harapan hidup penduduk setempat selama 20 tahun.

Model statistik menghitung faktor lain yang mungkin memengaruhi lama hidup di antaranya perubahan demografi, penghasilan, migrasi, populasi, pendidikan, dan merokok. Kota-kota dengan polusi paling tinggi dan membersihkan secara ekstensif bisa menambah rata-rata 10 tahun lama hidup penduduknya. (AFP/EVY)

Sumber : Kompas

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s