Daftar caleg yang merusak pohon

Banyak Caleg 2009, yang melakukan kampanye dengan merusak pohon-pohon. Ada yang dengan cara memaku, mengikat dengan kawat, atau menjadikan sandaran, meski pohonnya masih kecil dan belum cukup kuat menahan beban angin (bisa patah). Jika anda punya data yang akurat tentang caleg yang merusak pohon, kirimkan data lengkapnya kepada saya (togarsilaban@gmail.com), agar daftar caleg itu disosialisasikan.

Agar data caleg yang merusak pohon akurat, cantumkan informasi tentang lokasi alat peraga kampanye, nama caleg, partai caleg, dipromosikan untuk caleg di daeran mana. Berikan juga, foto, tanggal pengambilan foto dan jumlah alat peraga yang merusak pohon. Data lengkap ini perlu, agar daftar ini tidak dinilai sebagai fitnah.

Pemilu dan prosesnya memang membuat banyak orang sibuk. Saya termasuk “gatal” melihat proses yang berjalan, terutama tentang perusakan  pohon untuk menempelkan alat peraga kampanye para caleg. Dua hari ini saya publish 3 orang caleg yang alat peraganya memaku pohon.

Setelah saya cermati dengan sungguh-sungguh, pencantuman daftar caleg ini di website ini, berarti saya sempat terlanjur memasuki “ranah” politik praktis.  Saya tidak ingin memasuki wilayah politik praktis, selain karena bukan bidang saya, juga karena tidak ingin website ini terseret ke wacana yang tak berujung pangkal. Karena itu daftar caleg itu tidak saya publish lagi, tapi tetap saya kumpulkan untuk pendataan.

Saya ingin mempertahankan fungsi website ini sebagai website yang tetap fokus pada persoalan lingkungan hidup dan perkotaan, tanpa masuk ke wilayah politik praktis. Saya juga sadar bahwa penyelesaian persoalan lingkungan dan perkotaan, memerlukan dukungan politis agar bisa terlaksana. Sebagai website lingkungan hidup dan perkotaan, saya harus mampu memilah-milah persoalan, mana yang ranah scientific profesional dan mana ranah politik praktis. Saya  sadar itu bukan hal yang mudah.

3 thoughts on “Daftar caleg yang merusak pohon

  1. pak saya ingin angkat tema ini jadi berita di tv saya, kapan saya bisa hubungi bapak?terima kasih- rina- surabaya tv- hp: 081803054678/91136110

    Like

  2. wah,.pemikiran bapak bagus bgt,..kok ngga terpikir ya berapa banyak caleg yang merusak lingkungan,..saya setuju pak,..boleh idenya saya pinjam ya pak, dan saya masukkan dalam blog saya..nanti kalo ada informasi biar saya beritahu langsung ke bapak… kalo infonya dari aceh bisa kan?

    Like

  3. gapapa pak, masukin aja listnya ke web, kalau masih ada hubungannya dengan merusak pohon sih masih dalam ruang lingkup kejahatan lingkungan. orang politik saja yang ikut2an masuk ke dunia pengrusakan lingkungan. saya dukung pak, klo ada datanya nanti saya kirim deh, oke pak, di publis ya.

    Like

Leave a Reply

