Hot & sexy news di media

Saya betul-betul eneg kalau melihat berita di sejumlah stasiun TV. Dari hari ke hari isinya tidak bergeser dari sekitar kriminalitas, demonstrasi dan sekarang ini pemilu. Semua stasiun TV memfokuskan beritanya pada hal-hal itu ke itu melulu. Tidak ada kreativitas dari para redaktur berita untuk menampilkan hal-hal lain secara lebih menarik dan proporsional.

Beberapa stasiun TV bahkan secara khusus menyediakan acara tersendiri untuk berita kriminalitas. Meski semua stasiun TV mengklaim dirinya sebagai stasiun “terhebat” dalam berita, nyatanya semua sama saja, monoton dan seragam dalam menyajikan berita.

Suguhan berita yang terus menerus menyajikan kriminalitas dan demonstrasi, secara kumulatif tentulah menimbulkan berbagai persepsi bagi para penonton. Bisa saja timbul kesan bahwa Indonesia selalu kacau setiap hari mulai dari Nangroe Aceh sampai Papua. Kalau orang hanya menilai dari berita TV saja, maka kesan Indonesia kacau itu tidak bisa dihindari. Ada kemungkinan orang akan menilai bahwa Indonesia adalah wilayah rawan kriminalitas. Berbagai persepsi ikutan bisa muncul dan membuat orang mengubah tindakannya dalam sehari-hari.

Yang lebih cilaka adalah, kalau dari akibat berita kriminalitas yang ditonton, seseorang terinspirasi untuk “meniru” berita kriminal yang dilihatnya. Atau yang mengerikan adalah bila seseorang “meningkatkan” kualitas kriminalitasnya, karena mendapatkan “pelajaran” dari berita TV yang ditontonnya. Wah, ini bisa bahaya.

Berita TV yang selalu menonjolkan kriminalitas dan demonstrasi sekarang ini, bertolak belakang dengan kondisi berita pada jaman Orde Baru. Pada jaman Orba, berita TV didominasi oleh peresmian proyek dan pidato-pidato.
Dua-duanya saya tidak suka.
Lalu saya harus menonton berita apa ???.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s