Hujan Rintik-rintik, CFD Makin Segar

SURABAYA (SINDO) – Hujan yang mengguyur Surabaya sepagian kemarin membuat pelaksanaan program car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor lebih segar.Tetes-tetes air tidak menyurutkan minat masyarakat untuk menikmati lengangnya jalan protokol ini.

Warga Surabaya masih berbondong-bondong untuk melakukan aktivitas hari libur itu sejak rute Jalan Raya Darmo sampai perempatan Jalan dr Soetomo itu ditutup pada pukul 05.00 WIB.Meski mereka hanya bisa beraktivitas sebentar karena pada pukul 06.00 WIB hujan mulai turun, toh mereka cukup puas. Ketika tetes demi tetes air mulai turun, sebagian mereka memilih berteduh.

Tak semua menghentikan aktivitas. Di bawah guyuran air ada sekelompok pria yang asyik main bola. Ada juga lomba menangkap bola dengan keranjang yang diletakkan di atas kepala. Di bagian lain, beberapa anak terlibat permainan bongkar pasang mobil kaki. Mereka riang di tengah gerimis. Di tengah lapangan Taman Bungkul terlihat komunitas Indonesia Nunchaku Club berlatih. Dua anak perempuan dan dua laki-laki tampak semangat berlatih menggerakkan salah satu senjata bela diri yang disebut ruyung atau nunchaku.

“Kami selalu latihan dua minggu sekali di Taman Bungkul sekaligus memanfaatkan momen car free day,”kata Dedi Irmawan,sang pelatih. Menurut dia, program hasil kerja sama Pemkot Surabaya dengan harian Seputar Indonesia itu memang tepat untuk masyarakat perkotaan. “Kami bosan dengan pemandangan gedung bertingkat hingga kemacetan sana-sini. CFD dapat mengobati kerinduan warga yang ingin mendapatkan suasana asri dan bebas polusi,”ungkap Dedi. Program CFD memang diharapkan mampu mengurangi tingkat polusi asap kendaraan bermotor.

Kegiatan ini resmi digelar dua kali sebulan. Yang jadi lokasinya adalah kawasan Raya Darmo mulai dari perempatan Masjid Al Falah sampai perempatan Raya dr Soetomo.Tidak ada kendaraan bermotor yang boleh melintas di lokasi itu mulai pukul 05.00–10.00 WIB. (emi harrisSumber : Koran Sindo

One thought on “Hujan Rintik-rintik, CFD Makin Segar

  1. Akhirnya setelah lama vakum CFD ada lagi… semoga masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan..

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s