Lokasi strategis pasar tradisional Tanga

Pasar tradisional yang terletak di pusat kota ini, mudah dijangkau dengan berbagai kendaraan umum. Sehingga tempatnya sangat strategis. Yang membuat pasar ikan Tanga menjadi spesial, adalah aneka ragam ikan laut dan produk “sea-food” lainnya seperti kerang, kepiting, cumi, udang, belut, rumput laut,dan berbagai jenis “sea-food” lainnya tersedia di pasar ini. Di brosur kota, pasar Tanga disebut mempunyai lebih dari 160 jenis produk. Selain itu harga di pasar ini lebih murah dibanding tempat lainnya.

Pasar Tanga, terletak sekitar 1 kilometer di selatan Stasion Kereta api Terpadu Kokura di kota Kitakyushu, Jepang. Pasar ini tidak terlalu besar, toko dan kios saling berhadapan pada sekitar 3 buah gang yang panjang masing-masing sekitar 300 meter. Masing-masing kios juga tidak terlalu besar, rata-rata berukuran sekitar 3 x 6 meter. Pasar ini hanya berjarak kurang dari 1 kilo dari City Hall (kantor walikota) Kitakyushu.

Pasar Tanga dikelilingi oleh daerah pertokoan dan perkantoran pusat kota Kitakyushu, dimana terdapat beberapa pusat perbelanjaan modern (mall). Serta kawasan “shopping arcade” kawasan Kokura. Menurut brosur tentang kota Kitakyushu, Pasar Tanga adalah salah satu ikon kota.

Meski gang dan jalan di tengah pasar tidak terlalu besar, tapi kondisinya bersih, karena didominasi oleh “sea-food”, maka kondisi pasar hampir selalu basah. Berbagai jenis ikan dan kerang bahkan dijual dalam kondisi hidup. Banyak kios yang dilengkapi dengan akuarium dimana ikan-ikan laut dan berbagai jenis kerang-kerangan masih hidup.

Yang membuat saya kagum adalah, sepanjang pasar tidak tercium bau amis, sebagaimana biasanya dijumpai di banyak pasar ikan di Indonesia. Kondisi itu mungkin disebabkan oleh kebersihan yang amat dijaga oleh para pedagang. Sebagaimana diketahui, orang Jepang sangat peka terhadap kebersihan. Untuk masalah kebersihan, Pasar Tanga, nyaris tidak berbeda dengan kebanyakan supermarket yang ada disekitarnya.

Selama saya mengitari Pasar Tanga, pembeli dan pengunjungnya nya umumnya adalah kaum senior (lansia). Orang muda Jepang, mungkin lebih suka berbelanja di pasar-pasar modern. Atau boleh jadi kaum tua di Kitakyushu punya lebih banyak waktu berkeliling di pasar tradisional. Sementara orang muda Jepang selalu terburu-buru, sehingga lebih nyaman belanja di supermarket. Entahlah.

4 thoughts on “Lokasi strategis pasar tradisional Tanga

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s