Testimoni luar biasa dari korban sekaligus pelaku

Tak kuasa menahan haru, sambil matanya berkaca-kaca oleh air mata, Akhiat menceritakan pengalaman keluarganya yang mengharukan. Kejadian beberapa tahun lalu itu seolah petir disiang bolong menghentak kehidupan keluarganya. Tak pernah terbayangkan sebelumnya kalau ia harus menghadapi kenyataan yang sangat berat itu. Anak yang ditunggu, buah dari cinta kasih bersama istrinya, ternyata lahir tak sesuai seperti yang diharapkannya. Betapa tidak, sang putra lahir cacat. Ayah mana yang tak schok menerima kenyataan seperti itu.

Tapi Akhiat, pria bertubuh mungil itu, tak mau putus asa. Bagaimanapun juga anak yang terlahir adalah karunia Tuhan yang harus dijaga, dirawat dan dikasihi. Tak mengenal menyerah Pak Akhiat dan keluarga terus berupaya untuk merawat dan mengasihi putra tercinta. Upaya dilakukan secara maksimal. Sampai suatu saat, yang menurut Pak Akhiat adalah muzizat pertolongan Tuhan,  dia dipertemukan dengan Yayasan Citra Baru Surabaya.

Yayasan Citra Baru adalah sebuah yayasan yang membantu untuk merehabilitasi cacat kepala bawaan lahir. Yayasan membantu keluarga-keluarga (terutama yang kurang mampu) untuk melakukan operasi wajah anak-anak yang cacat lahir. Sudah banyak anak yang berhasil dibantu untuk menjalani operasi di Australia.

Pak Akhiat bertemu dengan para pengurus yayasan. Kemudian Yayasan Citra Baru membantu proses keberangkatan Pak Akhiat ke Australia untuk menjalani operasi bagi anaknya. Akhiat berikhtiar dengan sungguh-sungguh, sambil terus mencari tau mengapa anaknya lahir cacat. Dalam proses perawatan anak tersebut, Pak Akhiat akhirnya diperiksa juga, untuk melihat kemungkinan penyebab kecacatan anaknya.

Ternyata dari hasil pemeriksaaan darah, didapati bahwa konsentrasi Pb (Lead) dalam tubuh pak Akhiat jauh melebihi ambang batas. Dokter menjelaskan bahwa kandungan Pb dalam darah pak Akhiat adalah penyebab terjadinya kecacatan pada anaknya.  Pb dalam darah menurun kepada anak, dalam proses kehamilan ibunya. Mendengar hal itu, Pak Akhiat tidak percaya begitu saja. Tapi setelah konfirmasi berulang kali, akhirnya pencemaran Pb itulah penjelasan paling rasional mengapa sang anak lahir cacat.

Sebagai seorang pemilik bengkel di Surabaya, Pak Akhiat terpapar cukup lama dengan bensin bertimbal (Pb). Dari proses bekerja di bengkel selama bertahun-tahun, darah dalam tubuh Pak Akhiat tercemaroleh Pb. Dan inilah yang menjadi biang kerok kecacatan reproduksi pada manusia.

Berbagai penelitian mendapati, Pb mengakibatkan kerusakan reproduksi pada manusia. Kerusakan itu tergantung pada tingkat besaran kandungan Pb. Dalam jumlah tertentu masih bisa ditolerir. Tapi bila  volume (konsentrasi) Pb dalam darah cukup tinggi, maka resiko kecacatan semakin besar.

Sejak saat perawatan anaknya di Australia itu, Pak Akhiat bertekad untuk melakukan sesuatu untuk menjelaskan kepada banyak orang tentang bahaya pencemaran dari BBM yang tidak ramah lingkungan. Tidak hanya itu, Pak Akhiat bahkan berhasil mengembangkan suatu alat untuk dipasang pada mesin mobil agar emisi gas buang kendaraan bisa lebih baik. Pada saat yang sama alat itu juga mampu melakukan penghematan BBM. Pak Akhiat adalah korban pencemaran lingkungan. Meski begitu ia bersama dengan banyak orang lainnya juga adalah pelaku pengrusakan lingkungan.

Testimoni yang luar biasa itulah yang saya saksikan sendiri pada hari Minggu 1 maret 2009 di Taman Dayu. Pak Akhiat mensponsori acara “Fun Rally” mobil untuk kampanye kepedulian lingkungan. Saya diminta menjadi pembicara untuk menjelaskan dampak lingkungan dari BBM yang kurang baik. Kemudian ibu Pop Mulhadi dari Yayasan Citra Baru, menjelaskan kegiatan yang dilakukan untuk membantu anak-anak yang kurang mampu menjalani operasi di Australia.

******

Yayasan Citra Baru Surabaya,  Jalan Barito 11 Surabaya, Tel/fax 031 567 7693, 562 2831. Bila ada yang berminat membantu Yayasan dimaksud, mereka sangat senang menerima uluran tangan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s