Omong-omong soal lingkungan dengan orang Amerika

Agaknya Amerika mulai meningkatkan perhatiannya pada masalah lingkungan hidup. Kebijakan baru Obama administration, mulai terlihat juga di bidang lingkungan. Kebijakan baru itu bahkan juga sudah sampai di Indonesia. Kunjungan Secretary of State, Hillary Clinton ke Indonesia bulan Februari 2009, rupanya juga memasukkan agenda lingkungan hidup. Setidaknya hal itu terlihat dari upaya Konsulat Amerika di Surabaya. Menurut rencana, Konsul Amerika di Surabaya, akan mengadakan omong-omongan (bahasa Surabaya : cangkrukan ) dengan beberapa orang, soal lingkungan hidup di Surabaya dan Indonesia Timur . Kemarin, saya ditelpon salah seorang staf konsulat Amerika untuk ikut bergabung dalam omong-omongan itu.

Sepengetahuan saya, belum pernah Konsulat Amerika di Surabaya melakukan  omong-omongan seperti itu. Menurut rencananya, omong-omongan  itu belum membahas topik tertentu, jadi masih bersifat umum dan terbuka. Yang pasti adalah bahwa isu yang akan diomongkan ya soal lingkungan hidup. Belum ada format yang dikemukakan, juga belum ada jadwal yang ditentukan.

Konsulat sendiri, merencanakan pertemuan itu dilakukan secara informal dulu. Pihak mereka belum mau membahas dan melakukannya secara formal. Pertemuan baru akan mencari masukan, kira-kira kalau mau membahas masalah lingkungan, apa yang harus dilakukan dan mulai dari mana.

Saya menilai, ini suatu hal yang positif.  Jadi karena itu  upaya itu pantas disambut. Omong-omong dengan orang Amerika soal lingkungan bila dilakukan secara benar, bisa membawa manfaat bagi perbaikan lingkungan di Indonesia dan secara global. Omong cangkrukan awal ini bisa dimanfaatkan untuk mencari solusi permasalahan lingkungan.

2 thoughts on “Omong-omong soal lingkungan dengan orang Amerika

  1. Akhir-akhir ini banyak sekali pergerakan lingkungan baik dari pemerintah ataupun dari lembaga non pemerintah, namun hingga saat ini permasalahan lingkungan tidak pernah tersolusikan. Nampaknya selama ini ada yang salah di geraka-gerakan lingkungan tersebut, yakni dia berjalan sendiri.

    Lingkungan merupakan hajat hidup mahluk hidup yang ada di muka bumi ini termasuk manusia, sangat pantas apabila penanganan masalah lingkungan memberdayakan manusianya, dalam hal ini masyarakat sebagai pemilik lingkungan. Dalam arti penyelesaian masalah lingkungan tidak akan tercapai apabila masyarakatnya tidak terberdayakan secara sosial, ekonomi dan politik.

    Gerakan lingkungan dalam kelangsungan pembangunan seiring dengan perubahan dinamika lingkungan semestinya mempertemukan lingkungan dan pemberdayaan sebagai kesatuan pergerakan yang simultan dan komprehensif.sEMOGA !

    Like

  2. Asal jangan cuma OMDO (omong doang) seperti slogan salah satu acara televisi swasta di masa kampanye ini. tetapi seharusnya omongan tersebut diwujudnyatakan dalam bentuk action yang jelas terutama oleh pemerintah. :p

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s