Mematikan mesin kendaraan selama satu menit di Makati

Dalam rangka peringatan Hari Bumi 22 April 2009, kota Makati, di Manila, Philippina melaksanakan kegiatan mematikan mesin kendaraan bermotor selama 1 menit. Mematikan kendaraan tidak dilakukan di semua jalan yang ada di Makati. Jalan yang dijadikan lokasi acara adalah Ayala Avenue dan Paseo De Roxas.

Ayala Avenue adalah jalan protokol di pusat kota keuangan Makati. Jalan ini berpotongan dengan EDSA (Epifanio de los Santos Avenue), yaitu pusat kota Makati. Kalau di Jakarta EDSA kira-kira samalah dengan Jalan Thamrin. Karena itu pemilihan kegiatan mematikan mesin di jalan tersibuk Manila sangat tepat untuk menggugah perhatian publik Manila.

Kegiatan mematikan mesin kendaraan di pusat kota Makati, ini tentulah sebagai bagian dari kampanye kesadaran lingkungan. Kalau hanya untuk menghitung berapa emisi karbon yang dikurangi, tentulah tidak seberapa. Jadi kegiatan itu mesti dilihat sebagai kampanye perlindungan iklim.

Sayang, kegiatan seperti ini belum dilaksanakan di Surabaya. Mungkin lain kali

The “Tigil-Buga” (Stop Emission) event, said Makati environmental services chief Danny Villas*), helped raise awareness on the effect of greenhouse gases to climate change.
*) Mr. Danny Vilas adalah Kepala badan lingkungan hidup kota Makati.
Sumber info :  The Inquirer

One thought on “Mematikan mesin kendaraan selama satu menit di Makati

  1. Bukannya energi yang dibutuhkan untuk menyalakan kembali mesin kendaraan akan lebih besar dari energi yang disimpan selama satu menit pak?
    Tapi emang sih, klo kita meninjau dari segi kesadaran dan kemauan untuk lebih peduli pada lingkungan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang positif…
    Oiya, di Surabaya kan juga uda diterapkan program Car Free Day tapi ga tahu masih dijalankan atau tidak..
    Let,s save our earth..

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s