Doa St Fransiskus Asisi

Di masa habis Pemilu Legislatif (pileg) yang banyak bikin orang pilek ini, rasanya perlu juga jeda sejenak untuk kontemplasi. Karena itu saya kutip doa dari St. Fransiskus Asisi, yang saya ambil dari buku Ibu Teresa yang baru habis saya baca.

Doa St. Fransiskus Asisi:

Tuhan, jadikanlah aku pembawa damai-Mu
supaya,
dimana ada kebencian, aku bisa membawakan cinta
dimana ada kesalahan, aku bisa membawa semangat pengampunan
dimana ada perselisihan, aku bisa membawa kerukunan
dimana ada ketidakbenaran, aku bisa membawa kebenaran
dimana ada kebimbangan, aku bisa membawa iman
dimana ada keputusasaaan, aku bisa membawakan pengharapan
dimana ada kesuraman, aku bisa membawa cahaya
dimana ada kesedihan aku bisa membawa kegembiraan

Tuhan, anugerahilah aku,
supaya lebih menghibur daripada dihibur
memahami daripada dipahami
mencintai daripada dicintai
karena dengan melupakan diri sendiri, orang menemukan
dengan mengampuni, orang diampuni
dengan kematian, orang dibangkitkan pada kehidupan abadi

Doa itu semoga dapat menyejukkan, mereka yang gagal jadi caleg, mereka yang sedang bertarung berebut kekuasaan, mereka yang sedang sedih karena jagoannya tidak berhasil.

Kalo Pemilu mau dipikirin terus, tidak bakalan ada habisnya. Karena itu kontemplasi sejenak adalah saat yang tepat untuk menyejukkan hati dan pikiran.

6 thoughts on “Doa St Fransiskus Asisi

  1. Doa ini juga mengingatkan kita agar lebih proaktif terhadap kepedulian sebagai sesama anak bangsa:

    Tuhan,
    jadikanlah aku pembela Indonesia, bukan pembela Partai…
    jadikanlah aku pembela kepentingan umum di atas kepentingan pribadi…

    Like

Leave a Reply

