Pakai kantong plastik atau kantong kertas ?

Kampanye pengurangan kantong plastik akan terus dikumandangkan. Kalau kantong plastik akan ditinggalkan, para shoppers akan diberi kantong apa?. Apakah para pengelola perbelanjaan akan memberi kantong kertas seperti bayak dilakukan di Amerika (lihat film sih). Lalu dari segi lingkungan hidup, lebih baik mana pakai kantong plastik atau pakai kantong kertas untuk belanja.

Kampanye pengurangan kantong plastik saat ini sangat giat dilaksanakan di seluruh dunia. Kota Surabaya juga sedang melakukan upaya mengurangi pemanfaatan kantong plastik. Kampanye  seperti itu dilakukan mengingat bahwa kantong plastik tidak dapat terurai di alam. Pada akhirnya kantong plastik akan meumpuk di tempat penampungan akhir (TPA). TPA menjadi menggunung, karena plastik yang terus-menerus bertambah setiap hari. Diperlukan waktu yang sangat panjang (bahkan ratusan tahun) untuk menguraikan kantong plastik.

Meski sebagian kantong plastik ada yang bisa di daur ulang, tapi sebagian besar masih harus ditimbun di TPA atau bahkan terpedam di tempat-tempat lain. Bahkan sisa dari daur ulang dan bekas daur ulang juga akan berakhir dengan ditimbun. Penimbunan plastik dalam tanah dengan jumlah yang besar, dapat mengganggu stabilitas tanah dan aliran air tanah.

Bila penggunaan kantong plastik mencemari lingkungan, lalu orang harus pakai apa untuk tempat barang belanjaan. Sebagian orang di negara lain menggunakan kantong kertas, karena beranggapan bahwa limbah kantong kertas tidak mencemari lingkungan. Limbah kantong kertas memang tidak mencemari lingkungan, karena ia dapat terurai di alam dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Tetapi penggunaan kantong kertas juga tidak ramah lingkungan, karena kantong kertas dibuat dari pulp. Kalau penggunaan kantong kertas semakin banyak dan menggantikan penggunaan kantong plastik sebagaimana digunakan sekarang ini, itu berarti semakin banyak pulp yang harus digunakan, hal itu mengakibatkan semakin banyak pohon yang akan ditebang, karena pulp yang bagus untuk kertas adalah yang berasal dari pohon. Semakin banyak pohon ditebang dan hutan semakin gundul, maka lingkungan semakin rusak.

Karena itu penggantian pemanfaatan kantong plastik dengan kantong kertas bukanlah langkah yang bijak. Kita harus kembali kepada kebiasaan pada masyarakat lampau, dimana orang pergi berbelanja dengan membawa tas belanjaan sendiri, jadi di tempat belanja tidak perlu “diberi” kantong belanjaan lagi. Perilaku masyarakat sekarang yang tidak mau repot bawa kantong belanjaan sendiri, itulah yang mengganggu keseimbangan lingkungan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s