"Trashion in action", oke punya euy ..

Tepat jam 12 tengah hari, acara “Trashion : from waste to style” di mulai secara resmi. Dua selebriti Indonesia, Krishna Murti dan Meyshia Siregar, memulai acara dengan penjelasan apa acara pada siang hari itu. Ya, dengan mengambil tempat di salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya, program “Trashion : from waste to style”, secara resmi dicanangkan.

Setelah  kata sambutan dari Walikota Surabaya, event dilanjutkan dengan “talkshow” yang menghadirkan narasumber antara lain Walikota Surabaya, Manager Yayasan Uli Peduli, Pengurus Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) dan seorang pengrajin Trashion.

Trashion adalah program untuk meningkatkan upaya daur ulang sampah menjadi produk-produk yang mempunyai “added values“. Setelah Surabaya gencar mengkampanyekan daur ulang sampah, kader lingkungan dan masyarakat yang memanfaatkan kembali sampa, jumlahnya bertambah dari waktu ke waktu. Pertambahan jumlah sampah yang di daur ulang, selain bermanfaat mengurangi timbulan sampah, tetapi juga membuka lapangan usaha baru yaitu kerajinan daur ulang sampah yang sudah masuk kategori UKM.

Agar produk mempunyai nilai yang lebih tinggi, maka  para pengrajin daur ulang, yang umumnya adalah ibu-ibu rumah tangga, ditingkatkan ketrampilannya untuk menghasilkan produk yang baik. Trashion meningkatkan kemampuan dan manajemen pengrajin sehingga produk daur ulang tidak hanya bermanfaat tetapi sekaligus jugtu  mempunyai nilai “gaya(fashionable).  Dengan demikian produk-produk daur ulang mempunyai nilai kompetitif yang tinggi.

Yayasan Uli Peduli bekerja sama dengan Dekranasda dan didukung Pemerintah Kota Surabaya, melatih para kader lingkungan di Surabaya menjadi pengrajin dan pengusaha daur ulang yang kreatif. Para kader lingkungan dilatih tentang design produk, dan manajemen pemasaran. Selain itu Pemerintah Kota memfasilitasi untuk bantuan permodalan.

Hasilnya adalah produk kerajinan daur ulang yang baik dan bernilai fashion yang tinggi. Hal itu dibuktikan pada pencanangan Trashion di Surabaya 30 April 2009. Produk-produk itu dipamerkan oleh peragawati dan peragawan, dan mendapat sambutan yang sangat antusias dari para pengunjung pusat perbelanjaan Royal. Produk yang diperagakan berupa tas beraneka bentuk dan ukuran. Ada yang berupa tas tangan, tas perjalanan (travel bag), tas belanja, tas ke kantor, back-pack, payung dan macam-macam produk lainnya.

Lenggak-lenggok peragawati dan peragawan menjadikan produk-produk daur ulang itu tidak kalah keren dengan produk branded. Produk daur ulang yang diperagakan juga memang mempunyai kualitas yang baik. Kalau tidak diteliti dengan cermat, orang akan sulit percaya bahwa produk-produk itu adalah dari sampah daur ulang.

Sayangnya,  harga jual produk daur ulang para peng rajin itu masih tergolong tinggi. Seorang rekan berbisik kepada saya, agar para pengrajin di bina untuk bisa menekan biaya produks, agar barang daur ulang itu mempunyai nilai keompetisi yang tinggi. Disinilah pemerintah akan membantu dengan lebih meningkatkan lagi ketrampilan untuk menekan “production cost” dari trashion daur ulang.

Bagaimanapun, program trashion pantas didukung oleh semua pihak. Bravo kepada kader lingkungan Surabaya. Terimakasih kepada para motivator, fasilitator yang sudah bekerja habis-habisan untuk mewujudkan Surabaya yang lebih baik.

5 thoughts on “"Trashion in action", oke punya euy ..

  1. @ Nina: Trimaksih atas perhatiannya. Saya sedang cari alamatnya. Begitu dapat saya akan sampaikan disini.
    Alamat UKM Trashion di Surabaya seperti dibawah ini:
    1. Fatikah, Jl. Runkut Lor VII Gg Masjid no 2A, Surabaya, telp 081 332 254 072
    2. Asri Hardini, Jl. Jojoran Baru III No. 30, Surabaya, Telp 085 645 566 774
    3. Tantin Yasmin, Jl. Pulo Wonokromo No 144, Surabaya 031 828 8891
    Tq.

    Like

  2. kalau mau belajar,membeli produk trashion ,silahkan ke yogya di perum taman sedayu bantul yogyakarta hub 08156876941

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s