Mengembangkan indikator kinerja perkotaan untuk gas rumah kaca

World Bank bekerja sama dengan Overseas Environmental Cooperation Center (OECC), Japan mengadakan sebuah workshop tentang indikator kinerja perkotaan global dan pengembangan index green house gas. Acara akan diadakan di Tokyo pada 22 Juni 2009.

World Bank mensponsori dan mendukung pengembangan sebuah lembaga Global City Indicators Facility (GCIF). Lembaga yang berkedudukan di Toronto Canada ini sedang mengembangkan program penyusunan indikator kinerja perkotaan. Indikator yang dikembangkan meliputi hampir semua aspek perkotaan mulai dari pendidikan, keuangan,  sampai pada peningkatan kualitas kehidupan.

Berbagai kota sudah menjadi anggota aktif lembaga dimaksud dan kota-kota itu sedang menyusun suatu metoda dan data base untuk menyajikan indikator kinerja suatu kota. Diharapkan ada semacam kesepakatan global untuk mengukur kinerja suatu kota.  Dengan demikian, selain lebih mudah untuk melakukan bench marking dari suatu kota dengan kota lain, juga diharapkan ada kerjasama kota-kota untuk meningkatkan kinerja kota.

Workshop yang akan digelar di Tokyo tgl 22 Juni nanti, secara spesifik akan mencermati indikator kinerja kota dalam bidang pengendalian gas rumah kaca. Tema-tema yang akan dibahas secara specifik adalah indeks gas rumah kaca. Saat ini ada beberapa kota yang sudah melaksanakan program percontohan (pilot project) yang disponsori oleh GCIF dan World Bank.  Sebanyak 21 kota di Amerika, Asia Amerika Latin, Eropa melaksanakan pilot project GCIF.

Dalam workshop yang direncanakan, dua kota dari Indonesia, Bogor dan Surabaya akan hadir memberikan masukan dan gambaran yang ada di Indonesia tentang indikator kinerja kota pada bidang gas rumah kaca. Secara spesifik, indikator perkotaan tersebut, masih belum dikembangkan di Indonesia. Kedua kota Bogor dan Surabaya, diharapkan akan memberikan gambaran kondisi yang ada, dan rencana pengembangan pada masa yang akan datang.

Kepala badan Lingkungan Hidup kota Surabaya, Togar A. Silaban, akan mewakili Surabaya pada workshop tersebut.

One thought on “Mengembangkan indikator kinerja perkotaan untuk gas rumah kaca

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s