Apa pertimbangan facebook menentukan definisi public figure

Situs jaringan komunitas facebook merambah dunia dengan sangat cepat. Tak pernah terbayangkan sebelumnya kalau orang yang terpisah ribuan kilometer jauhnya, bisa seolah berada diruang sebelah kita. Terimakasih internet, teknologi membantu manusia sedemikian jauh.

Fitur-fitur facebook juga berkembang seiring waktu. Perkembangan fitur facebook sedemikian luas, nyaris tanpa batas. Boleh jadi perkembangan fitur akan menyerempet hal-hal yang sensitif bagi masyarakat. Beberapa waktu lalu, sejumlah tokoh rohaniwan, mengusulkan agar facebook diharamkan. Usulan pengharaman itu perlu dicermati dengan kepala dingin.

Ada fitur facebook, yang memang bisa digunakan untuk bermain poker, adu ketangkasan, game online sampai dating online atau bahkan lainnya. Bagi mereka yang bisa memilah secara bijak, tawaran fitur itu adalah pilihan, mau ikut atau tidak. Tapi tak bisa dipungkiri ada orang yang tak bisa melawan “godaan” fitur yang menggiurkan dan bisa terjebak dalam layanan fitur yang negatif.

Sebagaimana layanan internet lainnya, facebook bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat sampai menjadi sesuatu yang laknat. Terpulang kepada kita yang ingin menggunakan layanan itu, apakah akan mengambil hal yang positif atau mengambil hal yang negatif.

**

Secara pribadi saya menjadi “risau” juga melihat perkembangan beberapa fitur facebook. Salah satu yang merisaukan saya adalah yang penampilan para “public figure”, yang diatawarkan untuk digemari. Pemuatan public figure oleh facebook, menurut saya, ada kaitannya untuk memancing pemasang iklan agar lebih banyak di facebook. Jadi ada unsur komersial disana.

Di facebook, Yesus Kristus dimasukkan dalam kategori “PUBLIC FIGURE“. Sebagai seorang Kristen, saya tak habis pikir bagaimana facebook, menjadikan Yesus Kristus sebagai public figure. Saya tidak percaya Yesus hanya sebagai public figure.

Dalam iman Kristen, Yesus Kristus adalah Tuhan yang menyelamatkan manusia yang percaya kepadaNya. Kalau facebook kemudian mengerdilkan Yesus menjadi “public figure“, itu jelas keliru dan salah kaprah, seolah olah Yesus menjadi sama dengan public figure seperti Anna Kournikova atau Britney Spears.

Jelas, tak akan ada pengikut Kristen yang akan mengamini kalau Yesus adalah Public Figure. Apapun “stempel” yang diberikan orang (termasuk facebook) kepadaNya, Yesus tetaplah Tuhan Juru Selamat manusia. Tidak ada keraguan akan hal itu.

Hanya saja, pemberian definisi public figure oleh facebook kepada Yesus, bisa menggelitik keisengan orang yang tidak percaya pada Yesus. Mereka yang tidak percaya Yesus, bisa mengolok-olok : “Tuh, kan Yesus kan sama-sama public figure kayak Rihanna dan Luna Maya”.

Facebook mengkategorikan seperti itu, dan secara tidak sadar diterima oleh para pengguna facebook. Mudah-mudahan pengguna dan pengelola facebook bisa jernih memilah hal yang perlu dan yang tidak perlu.

2 thoughts on “Apa pertimbangan facebook menentukan definisi public figure

  1. Tentang Yesus dibuat Public Figure, mungkin karena banyak orang Kristen yang ingin menampakkan ‘wujud’ Kristennya dengan join dengan ‘public figure Yesus’ tadi amang… Walau bukan jaminan bahwa seorang Kristen join ke public figure tadi.
    Namanya juga situs sosial, yang ingin mencari sebanyak-banyaknya member, apapun dilakukan.
    Kek yang amang bilang, kita harus bijak dalam memilih.
    Horas!

    Like

  2. semua manusia akhirnya tau kalau yesus yg dalam pandangan umat kriten adalah seorang manusi yang diberikan kelebihan yang amat berlebih, kalau dalam islam disebut nabi dan rasul, nabi dalam islam ada 25 tapi rasul hanya ada 5 kalau tidak salah , nah nabi isa yang diperlakukan menjadi tuhan ini, dan paus yang diangkat jadi nabi . isa putra maryam ini termasuk rasul yang diutus hanya untuk umat nasrani yang pada saat itu yang harus dibenahi….

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s