Antara Obama, Oprah dan Michael “Jacko”, pejuang tangguh tak kenal menyerah

Upacara pelepasan jenazah Michael Jackson di Staple Center Los Angeles, 7 Juli 2009, disiarkan langsung ke seluruh dunia. Upacara itu sebagai kesempatan memberikan penghormatan kepada “King of Pop”, Jacko. Sampai post ini ditulis, jenazah Michael Jackson masih belum jelas dimana keberadaannya. Tidak ada informasi yang jelas dimana jenazah Jacko disemayamkan.

Michael Jackson menjadi fenomena yang luar biasa, kemampuan vokalnya tidak diragukan, begitu juga gerak tari yang membuat histeris orang, ketika ia tampil di panggung. Seluruh kehidupan Michael, sejak ia dan saudaranya dalam “The Jackson Five” memulai debut didunia musik, menjadi sorotan media dan lebih melejit setelah ia bersolo karir. Seolah sudah jalan hidupnya menjadi bintang. Ia bahkan disebut-sebut sebagai “the greatest entertainer who ever live”.

Kehebatan dan ketenaran Jacko, barangkali memang tidak akan bisa tertandingi. Ia menjadi idola dunia. Banyak cerita tentang Jacko yang sudah ditulis, di hari-hari yang akan datang, lebih banyak lagi cerita Jacko yang akan muncul di media. Tapi bagaimana sebenarnya Michael, bisa mencapai ketenaran yang luar biasa itu.

Saya meyakini dan percaya bahwa ketenaran, kesuksesan dan popularitas tidak datang dengan sendirinya. Untuk berhasil mencapai puncak prestasi dalam hidup, orang harus bekerja keras, disiplin dan ulet. Bakat dan talenta adalah modal untuk menjadi sukses. Seberapa besarpun talenta yang dimiliki, kalau tidak diasah, ia tidak menjadi bintang cemerlang. Banyak orang bahkan harus gagal beberapa kali sebelum benar-benar meraih sukses. Prestasi Michael Jackson, juga merupakan hasil dari kerja keras luar biasa.

Kalau dirunut ke belakang dan di cermati, Michael Jackson menjalani perjalanan hidup yang luar biasa. Ia meraih prestasi melalui kerja keras sejak usia dini. Suatu saat Micahel sendiri mengakui bahwa “masa kanak-kanaknya telah dirampas”. Itu menggambarkan bagaimana Michael kecil tidak sempat menikmati masa kanak-kanak yang fun, bermain sesuka hati sebagaimana kebanyakan anak-anak lainnya. Sejak kecil Michael harus berlatih luar biasa ketat dibawah arahan ayahnya yang “keras” dan tegas.

Perjuangan hidup Jacko yang keras dan berbuah kesuksesan itu juga dilakoni oleh Obama dan Oprah. Obama mempunyai riwayat yang tidak kalah seru. Dia dibesarkan dalam suatu rumah tangga yang orang tuanya berpisah. Potensi kecerdasan yang kemudian didukung dengan belajar dan kerja keras menjadikan Obama secara bertahap dapat meraih kesuksesan. Puncaknya ketika Obama secara mengejutkan terpilih menjadi Presiden Amerika pertama dari kalangan Afro-Amerika.

Kisah sukses Oprah, tak kurang mencengangkan. Berasal dari rumah tangga yang tidak bahagia, Oprah memulai karirnya dari nol. Ia hampir gagal, ditengah lingkungan yang kurang baik, Oprah muda menjalani hidup dengan keuletan dan kerja keras. Tapi semangat luar biasa, pantang menyerah dan ketekunan mengantar Oprah menjadi selebriti kelas dunia.

Obama, Oprah, Jacko adalah orang-orang yang telah membuat sejarah. Mereka adalah pejuang tangguh yang tak mau menyerah oleh keadaan. Sebagai keturunan Afro-Amerika, mereka berhasil membuktikan, bahwa “dreams come true” bila dilakukan dengan usaha tanpa lelah. Sejarah mencatat, perjalanan etnis Afro-Amerika yang suram, dikucilkan, ditindas, disiksa, dan sejuta kata pemberangusan. Tapi perjuangan kebenaran pada akhirnya akan membawa buah yang mencengangkan. Perjuangan hidup tokoh terjadi dimana saja, termasuk terjadi Indonesia.

Sebagian orang ditindas, sebagian lagi menindas. Sejumlah orang dibatasi, sementara yang lain bebas, padahal mereka satu bangsa. Tapi perjuangan tak pernah henti akan membawa nikmat, meski kadang banyak pejuang harus berkorban, tapi ada pejuang lain yang akan menikmati kesuksesan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s