Sistim komposting Surabaya disebarluaskan dilaksanakan di Asia-Pacific.

Kerjasama antara kota Surabaya dengan Kitakyushu Inititative Network (KIN) sudah berlangsung lebih dari 10 tahun. Salah satu hasil (out put) kerjasama itu adalah penemuan sistim komposting Takakura. Saat ini Takakura Home Method (THM) semakin luas digunakan di berbagai negara.

Kota  Cebu di Philippina saat ini gencar memasyarakatkan penemuan yang berasal dari Surabaya itu.  Selain Cebu, kota-kota lain di Philippina dan Thailand. Sistim yang dikembangkan oleh Mr. Koji Takakura, awalnya dicobakan di satu komunitas Surabaya. Setelah berhasil direplikasikan di seluruh kota Surabaya. Kini semakin banyak kota-kota lain di Indonesia yang sudah menggunakannya.

Kota-kota di Asia-Pacific mengadopsi sistim THM, karena metoda ini terbukti efektif, namun sederhana dalam pengoperasiannya. Kota Surabaya akan terus mengembangkan dan menyebarluaskan metoda ini, sehingga membawa manfaat bagi banyak orang.

Penerapan THM di berbagai negara Asia membuktikan bahwa kegiatan yang dimulai dari yang sederhana, dengan komitmen dan kegigihan, dapat berguna dan tersebar ke belahan dunia lain. Ini adalah prestasi yang patut dihargai dan dibanggakan.

Tantangan baru bagi Surabaya adalah menjadikan Surabaya sebagai pusat pembelajaran pengelolaan sampah berbasis komunitas, dengan keunggulan sistim THM. Ide menjadikan Surabaya sebagai pusat pembelajaran (Center for Community Based Solid Waste Management), sudah dibicarakan sekitar 3 tahun lalu dengan mitra dari Kitakyushu. Sayangnya sampai saat ini ide ini belum berhasil diwujudkan secara konkrit.

Surabaya memang sudah menjadi rujukan berbagai kota untuk belajar mengembangkan THM dan pengelolaan berbasis komunitas. Untuk mewujudkan pusat pelatihan itu, perlu dilengkapi dengan sarana yang memadai, dan lembaga pengelola yang profesional.  Potensi untuk itu sebenarnya sudah ada, tinggal mengintegrasikan semua potensi dan memformalkan sehingga ada lembaga yang mengelola secara resmi.

Detail informasi bisa dilihat disini.

One thought on “Sistim komposting Surabaya disebarluaskan dilaksanakan di Asia-Pacific.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s