Empat kelurahan Surabaya ke Sampoerna Kotaku Hijau Award 2009 di Jakarta

Empat kelurahan dari Surabaya diikutsertakan pada acara Penganugerahan Sampoerna Kotaku Hijau Award tahun 2009, di Jakarta. Keempat kelurahan itu bersaing dari sejumlah kelurahan lain dari 10 kota lain. Sampoerna Kotaku Hijau Award adalah penghargaan yang diberikan oleh “Tim Sampoerna Hijau” kepada kawasan-kawasan yang dinilai secara konsisten menghijaukan lingkungannya.

Acara yang dilaksanakan di Hotel Mercure Ancol itu, diikuti oleh perwakilan dari 10 kota di Indonesia. Peserta yang masuk ke Jakarta, diberi gelar “Pejuang Hijau“, mereka terseleksi oleh suatu tim di daerah masing-masing. Sebanyak 12 orang dari Surabaya, berangkat bersama-sama ke Jakarta untuk menghadiri acara penganugerahan yang dilaksanakan Sabtu malam 1 Agustus 2009. Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh PT Sampoerna, termasuk pemberangkatan wakil Surabaya ke Jakarta.

Penyeleksian kawasan dari Surabaya, sepenuhnya dilakukan oleh “Tim Sampoerna”. Sebenarnya masih ada kawasan di Surabaya yang kualitas kehijauan lingkungan dan “keguyuban” masyarakatya sangat bagus, tapi tidak terseleksi  dalam Program Sampurna Kotaku Hijau. Kawasan diseleksi sendiri berdasarkan informasi yang dikumpulkan oleh Tim Sampoerna. Kawasan yang diseleksi ini kemudian dijadikan sebagai “binaan” oleh PT Sampoerna.

Kegiatan Program Sampurna Kotaku Hijau tahun 2009, merupakan kali kedua setelah tahun 2008 juga dilaksanakan.  Penilaian  akhir dilakukanoleh sebuah tim juri yang mendatangi ke sepuluh kota, untuk melihat hal-hal yang dilakukan oleh masyarakat “binaan” PT Sampoerna. Penilaian lapangan dilakukan secara on the spot. Sayang proses penilaian dan kriteria penilaian tidak dijelaskan secara detail. Saya tidak mendapatkan informasi kriteria penilaian yang dilakukan oleh tim juri.

Sampoerna Kotaku Hijau Award untuk tahun 2009, terdiri dari 5 kategori yaitu:

  • Kategori Spirit Hijau
  • Kategori Pemuda Pro Hijau
  • Kategori Taman Lingkungan
  • Kategori Bersih Lingkungan
  • Kategori Hijau Lingkungan

Untuk tahun 2009, ini kawasan di Kelurahan Sukomanunggal Surabaya, mencapai Juara ke-3 untuk katagori Bersih Lingkungan. Peserta lain dari Surabaya, tidak berhasil menggaet juara kategori lain.

Sayangnya Program Sampoerna Hijau Kotaku Hijau Award, bobot utamanya masih pada aspek “promosi produk” PT Sampoerna. Sepertinya untuk meningkatkan loyalitas konsumen, PT Sampoerna “membidik” beberapa kawasan untuk dijadikan wadah promosi produk-produk PT Sampoerna. Di kawasan-kawasan itu, display produk PT Sampoerna cukup kental. Hal ini terlihat dari cuplikan klip yang ditayangkan malam itu. Demikian juga di lokasi penganugerahan Sampoerna Kotaku Hijau di Jakarta, display produk PT Sampoerna cukup banyak.

Penganugerahan yang digelar dengan meriah tersebut diselingi dengan penampilan artis sexy “Goyang Patah-Patah“,  Dewi Persik. Artis ini menyanyikan 3 buah lagu. Sejumlah selebritis ditunjuk jadi MC dan pembaca hasil, mereka antara lain adalah Ringgo, Revalina Temat, Virny “Extravaganza”, Darius Sinatria, Erwin dan Jody serta Melanie Putria.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s