Walikota London menghimbau untuk tidak beli air minum dalam kemasan

Walikota London, Ken Livingstone mengajak warga kota London untuk memboikot penggunaan air minum dalam kemasan (AMDK). Ken Livingstone mengatakan bahwa AMDK yang dijual di London 500 kali lebih mahal dari air perpipaan London (yang bisa langsung diminum dari keran), dan 300 kali lebih berbahaya terhadap lingkungan.

Pernyataan Walikota London itu  disampaikan akhir Juli 2009 pada kesempatan Walikota mencanangkan gerakan kembali ke air perpipaan, gerakan yang dinamai “London Tap”. Selanjutnya Pak Wali London mengatakan, kalau tidak membeli AMDK, hal itu akan mengurangi emisi karbon dan menghambat pemanasan global.

“We need to do everything we can to lower these (carbon) emissions . There is no need to buy the expensive bottled water that has become a bit of a fad in recent years.”

Untuk diketahui, sebagian AMDK yang dijual di London, diimpor dari New Zealand, yang jaraknya ribuan kilometer dari London. Membawa AMDK sejauh ribuan kilometer adalah suatu tindakan yang tidak rasional. Pak Wali London mengajak warganya untuk menggunakan air minum dari pipa ketika makan di restoran, begitu juga di tempat-tempat lain.

Sementara itu Menteri Lingkungan Hidup Inggeris, Philip Whoolas, mengatakan dalam suatu wawancara BBC, Panorama, bahwa pemanfaatan bottled water (AMDK) adalah “sesuatu yang tidak masuk akan dan secara moral tidak dapat diterima”, (“daft” and “morally unacceptable.”) . Pada kesempatan lain pemimpin “Consumer Council for Water”, Yve Buckland, mngatakan bahwa AMDK tidak mempunyai kelebihan apa-apa dari aspek kesehatan.

***

Akan halnya di Indonesia, di beberapa supermarket premium di Jakarta dan Surabaya, bisa dijumpai AMDKyang diimpor dari Amerika. Menurut saya orang yang membeli AMDK  Amerika, adalah tindakan yang tidak masuk akal. Sama tidak masuk akalnya terhadap mereka yang mengimpor dan menjual AMDK buatan Amerika tersebut.

Air minum perpipaan di Indonesia, belum siap di minum langsung. PDAM belum mampu menyiapkan air minum yang langsung dapat diminum dari keran. Padahal aturan perudang-undangan yang berlaku (PP16/2005), air minum perpipaan yang didistribusikan ke rumah-rumah harus bisa diminum langsung dari keran.

Tengok saja pasal 6 ayat 1 dan ayat 2 PP 16/2005 yang selengkapnya tertulis seperti dibawah ini.

(1)    Air minum yang dihasilkan dari SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) yang  digunakan oleh masyarakat pengguna/pelanggan harus memenuhi syarat kualitas berdasarkan peraturan menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan.
(2)    Air minum yang tidak memenuhi syarat kualitas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilarang didistribusikan kepada masyarakat.

Selanjutnya pada Pasal 78, ayat (3) dinyatakan:   “Penyelenggara SPAM yang telah ada sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah ini wajib menyesuaikan dengan ketentuan Peraturan Pemerintah ini paling lambat 1 Januari  2008.”

Dari ketentuan tersebut air minum PDAM seharusnya bisa langsung diminum dari keran. Artinya paling lambat tanggal 1 Januari 2008, kualitas air minum PDAM sudah harus memenuhi persyaratan air langsung minum, sebagaimana diatur oleh ketentuan Menteri Kesehatan. Kalau tidak bisa, berarti PDAM melanggar aturan, dan karenanya bisa dituntut ke pengadilan.

Kalau kualitas air minum PDAM sudah bisa langsung diminum, maka pemakaian AMDK di Indonesia harus dikurangi dan dihilangkan, agar emisi karbon bisa berkurang.

Berita lanjutan AMDK, klik di Walikota London

2 thoughts on “Walikota London menghimbau untuk tidak beli air minum dalam kemasan

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s