Purna tugas kehidupan; “Matampuk na malamun”

kepala kerbauAwal September ini, seorang kerabat “purna tugas” dalam kehidupan. Beliau menghadap sang Khalik meninggalkan segala hiruk pikuk duniawi. Sebagai putra Batak, prosesi pemakamannya dilaksanakan dengan secara adat “saur matua“, termasuk kategori “horja” besar, suatu prosesi pemakaman adat yang tinggi.

Secara adat, prosesi “saur matua” adalah suatu tingkatan dimana orang yang akan dimakamkan dianggap telah mencapai “hagabeon” (kebahagiaan). Salah satu ukuran “hagabeon” dalam adat “saur matua” adalah mempunyai cucu dari anak laki-laki dan mempunyai cucu dari anak perempuan, serta semua putra-putrinya telah menikah. Dalam arti umumnya, orang yang meninggal tersebut tidak lagi mempunyai “tanggungan” di dunia.

Karena itu, untuk prosesi pemakaman, terlebih dahulu diadakan “tonggo raja“, yaitu rapat persiapan yang dihadiri “raja-raja” dari semua komponen adat. “Raja-raja” ini bukanlah penguasa teritorial, tapi mereka adalah para “tetua” adat di kelompok masing-masing. Rapat ini untuk menentukan dan menyepakati detail prosesi pemakaman. Dalam rapat “tonggo raja” disepakati bagaimana masing-masing komponen melaksanakan “tugas adat“.

Malam itu saya hadir mendampingi hula-hula saya, yang menjadi hula-hula dari keluarga yang berduka. Parsinabung (juru bicara) pihak “suhut” (kelarga yang meninggal) menjelaskan konsep acara yang dirancang. Kemudian ia meminta pendapat dan pandangan para peserta rapat “tonggo raja“.

Salah satu yang menarik perhatian saya adalah ketika parsinabung pihak suhut mengatakan:
“….. Ima tutu di hamu angka raja na huparsangapi hami, toho ma di tingki on, matampuk na malamun……dst.”.Secara bebas berarti: “Hadirin yang sangat kami hormati, pada saat ini kami sampaikan, matampuk na malamun….”

Saya baru pertama kali mendengar istilah “Matampuk na malamun“. Saya tidak tau apa terjemahan Bahasa Indonesia yang pas untuk istilah ini. Secara harafiah, istilah itu boleh diterjemahkan kira-kira menjadi “buah yang matang terlepas dari tangkainya“. Menurut pemahaman saya, pengertian ini untuk menjelaskan kondisi atau situasi almarhum yang sudah mencapai taraf “nyaris sempurna” dalam hidup, yang dianalogikan sebagai “buah yang telah matang di pohon“. Jadi pribadi yang meninggal itu, ibarat buah yang sudah sempurna matang, rasanya enak, bisa dinikmati semua orang, dan sudah waktunya ia lepas dari tangkainya. Purna tugas dalam kehidupan.

Prosesi pemakaman secara adat saur matua, tidak lagi dimaknai sebagai kesedihan, melainkan kegembiraan. Dalam proses persiapan pemakaman demikian, maka dilakukan dengan proses “tuat tu alaman” dengan kegembiraan untuk menerima kedatangan segenap kerabat yang datang. Sebagai manusia, tentu saja keluarga tetap bersedih, atas meninggalnya orang yang dikasihi. Dalam proses ini pihak kerabat, hula-hula dan tulang akan datang membawa berkah dan doa. Mereka akan memberikan ulos sebagai pertanda kasih sayang dan doa kepada Tuhan agar keluarga yang ditinggalkan diberi penghiburan oleh Yang Maha Kuasa.

saur matua
Terlepas dari baik dan buruknya seseorang, dalam adat Batak, seseorang yang mempunyai “pinompar” (keturunan) yang lengkap adalah ukuran pencapaian tingkat kehidupan. Ketika meninggal dan mencapai tingkat saur matua, maka, secara adat orang tersebut sudah dianggap lengkap dan bahagia. Boleh jadi secara finansial, orang tersebut tidak dapat dikategorikan “berada“, tapi secara adat ia sudah mencapai taraf yang tinggi.

Bagi orang awam, agak sulit memahami konsep adat Batak yang dijelaskan diatas. Orang Batak sendiri, ada yang beranggapan, bahwa prosesi pemakaman demikian terlalu bertele-tele dan menyita enerji. Tapi sangat banyak orang Batak yang menilai bahwa prosesi pemakaman demikian adalah budaya Batak yang harus dijujung tinggi dan dilestarikan.

8 thoughts on “Purna tugas kehidupan; “Matampuk na malamun”

  1. Setuju.. itu adalah budaya yg patut dilestarikan.
    Semoga nanti bapak mamakku bisa saur matua..
    Amiiin🙂

    TAS:
    Berdoa yang banyak biar nanti orangtuanya bisa saur matua, bahkan saur maulibulung.

    Like

  2. Horas amangboru… ( saya nggak tau dimana tempat nyapa di blog ini…dison ma akke)..
    selamat marsitandaan ma amangboru, ( hudok amang boru ala adong huida di sabola siamun i, namandok namboru nami i boru situmeang)…
    Jadi sahali nai selamat marsitandaan ma amang boru

    TAS:
    Ido tulang, boru Situmeang do boru ni raja i, sian Sipoholon, kelahiran Betawi. Horas ma di hita saluhutna.

    Like

  3. “Matampuk na malamun“ podho ambe Kulo Pak LE (Uda ) on dope hubege i hata ” Matampuk malamun “, ale tahe ndang na sarupa dohot tingkatan Ulaon”Saur Matua Mauli Bulung ” molo di Toba Samosir : saumpama Ono Wong tuo Sampun Sepuh sanget tilar dunio , jala anak na sude nungga dippos , marini marnono ,jala ndang adong sian Sude Gomparan manjoloi Ibana . lhaa iki kalau di kampung Kulo jenenge “Saur Matua Mauli Bulung “, bee . ne loo Pak LE .botima Selamat berkarya di hita sude Borsak Junjungan Maulite

    Like

  4. “Parjolo ma matappuk na malamun, parjolo ma na parjolo hian,manghorasi ma tu angka na umpudi” Tar songonima ra bahasa na.
    Alai parjolo ma Selamat berkenalan. Anggo Tulangta Latteung nunga di tanda au.
    Saya tertarik tanggapan ni lae, Togar Silaban ra poso dope lae, alai perhatian tu paradaton nunga adong bibit na porlu sileanon pengertian dan pemahaman.
    Didok lae tu na monding i, marapot. Ada aturan-aturan parrapoton. ndada holan asal parsinabung. Memimpin parrapoton, ima raja adat jala naung marpahoppu.
    Godang dope aturan maralaman, ikkon adong dondontua, jala ise na manghunti dondontua? Maju terus siap menjawab segala pertanyaan tentang adat di http://rabba_pattil.blogspot.com; http://rambe14@gmail.com

    Like

  5. @: Jaullus (Raja Mullus-Ullus)
    Anggo di umur ndang poso be iba lae, alai parsiajar (poso) dope di paradaton.
    Molo di daerah nami (Surabaya), nang pe ulaon saur matua, ba ise na dianggap “boi marhata”, ima gabe parsinabung. Ai molo ingkon naung marpahoppu, dang sai adong na boi songoni.

    Dondon tua ?, hea do hubege on, alai nunga lupa iba, boha do pardalan ni dodon tua.

    Songoni nang buka hombung, di hata i do tingki i. Alai ditolopi ma gabe digabung di tingki na maralaman ma di pasahat. Hape na hea binege, buka hombung dung mulak sian udean do nian di ulahon.

    Songoni ma lae, “dos ni roha sibaen na saut”, tar ima na gabe dasar gabe fleksibel (aha do hata Batak ni fleksibel tahe) pelaksanaan na di parserahan di daerah nami.

    Like

  6. Tar lambat ate lae!, sipata ala godang ni web sitikkiron, gabe adong na lupa. alai boasa ipe masuk tu e-mail hu?
    Lae, adong do parukkilon marsiajar adat on. Ndang boi sarupa na diparsiajari ni dongan di luat nasada an dohot nasada on ai sude marasing. Molo pe nian alani kendala nasongon na nidok munai, naeng ma nian jumolo dialap hata angka sintua natorop bahwa: parrapoton dipimpin naposo songon na nidok munai, jelasma nipaboa alasanna. asa diboto angka naumbegesa boha sasintongna. Hata di parrapoton “Au na margoar ………. gelar maroppuni ……… manguluhon parrapoton di ulaon saurmatua/saurmatua maulibulung ni amanta/inanta naung jomolo matappuk on” udut na laos di sigati ma aktivitas ni najumolo ditikki dingoluna dohot di aktivitas paradaton. terakhir disukkun na manguluhon ima sintua natorop molo na adong dope akka paretongan natarsurat nang so tarsurat termasuk mai hak dan kewajiban adat uju dingoluni namonding. molo adong pada saat i diselesaikan,
    tentang buka hobbung di toba, lobba di tano Rambe dohot Parlilitan, sa tikkosna memang ikkon do mulak tu bagas dung sian udean. naboi do sude horong ni hula-hula dohot marpungu pasaehon adat buka hobbung manang martunggu lobba Alai apala na berperan di ulaon i ima Hula-hula dohot Tulang. molo tu horong ni hula-hula na asing holan piso-piso nama tusi. Molo ama na monding, tontu tulang ma nampuna hata songon apala suhut ni parjambaran di ulaon i jala umbalga do dapoton ni tulang daripada hula-hula. alai molo ina do na monding i, hula-hula ma hasuhuton ni parjambaran di ulaon i, jala umbalga ma dapoton ni hula-hula. Alai dilobi-lobi dung partonggoan raja na boi do songon na nidok munai ala nunga sepakat dibilang-bilangan ni akka piso manang jambar sijaloon ni nabersangkutan. Jadi molo dung sian udean, molo nakkok muse tu bagas na manjalo do hula-hula manang tulang disi. alai molo naung sepakat hian do diakka bilang-bilangan, laos jambar dohot piso mangihut nama jalo on nasida jala bubar sian udean nama akka hulahula.

    Like

  7. Mauliate ma dihamu sude angka dongan namangalehon roha tuangka paradaton ni hita Batak sai anggiatma sai dipasu-pasu Tuhanta sude angka ulaonta.Godangdo angka istilah-istilah ni Batak begeon molo masa angka ulaon paradaton.Molo dihami parsianjurmula-mula molo namate saurmatua didokmai manggulingari jala adong dope istilah dihutanami Saurmtua MATANGKANGMANJUARA.lapotanna nunga hotripe sude angka tubu-tubuna jala godang sihumisikna alanii boan saurmatua ingkhon manian gajah toba manang lombu sitio-tio huhut mangalahat horbo sitingko tanduk namalo mangaraga ditongani pargalungan namalo mangambe dipoguni alaman jala bintatar borotanna bulungni jabi-jabima bulang-bulangna.

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s