Apa iya, pake kaus oblong tidak rapi ?

Apa ada diantara kita yang tidak punya kaus oblong ?. Kalau ada, saya perlu tau kira-kira kenapa sampai tidak punya atau tidak pake kaus oblong. Hampir semua kita punya kaos oblong. Apa betul kalau pake kaus oblong dianggap berpenampilan “tidak rapi” ?.

Kalau saja saya tidak pernah lihat papan (plang) bertuliskan, “Dilarang berpakaian tidak rapi, dan memakai sandal jepit. Dilarang pakai kaus oblong”, saya mungkin tidak heran dengan kaus oblong. Papan pengumuman itu saya jumpai di salah satu perguruan tinggi negeri di Surabaya. Apakah pengumuman itu bermaksud mengatakan bahwa “Memakai kaus oblong berarti tidak berpakaian rapi”. Lha, kalau memakai kaus oblong masuk kategori “tidak rapi”, rasanya perlu dipertanyakan arti “rapi” yang dimaksud dalam pengumuman itu.

Saya menjadi semakin tergelitik, ketika mengantarkan anak saya memulai pelajaran katekisasi sidi. Pada pertemuan pertama, dimana orang tua diundang hadir, pelaksana pelajaran katekisasi sidi menyampaikan beberapa ketentuan dalam mengikuti katekisasi. Salah satu, aturannya, adalah supaya peserta katekisasi “berpakaian rapi”, dan tidak boleh pakai kaus oblong.

Pada waktu diberi kesempatan untuk menyampaikan masukan bagi pelaksanaan katekisasi, saya sudah mau mengungkapkan pendapat soal kaus oblong. Tapi ada seorang ibu yang duluan “protes”, tentang hal itu.
Kok pake kaus harus yang ada kerahnya pak, kayak bapak-bapak aja. Kenapa tidak boleh pakai kaus oblong, kan rapi juga. Mereka (peserta katekisasi) kan masih muda-muda, enggak usah dilarang lah pake kaus oblong.”
Lalu ibu itu menambahkan: “Saya kurang setuju kalo anak-anak tidak dibolehin pake kaus oblong”.
Saya pun ikut mengamini pendapat si ibu. Akhirnya disepakati, kalau dalam pelajaran katekisasi, anak-anak muda itu boleh pake kaus oblong.

tshirt climate changeDulunya, kaus oblong dianggap sebagai pakaian dalam. Barangkali kaus oblong yang dianggap pakaian dalam adalah, yang bahannya katun tipis berwarna putih (kalau tidak salah merknya yang ada gambar angsa). Konon awalnya kaus oblong atau yang disebut juga T-shirt, berasal dari bentuknya yang mirip huruf -T. Tapi ada juga yang mengatakan T-shirt berasal dari kata “training shirt”, yang digunakan militer ketika latihan fisik. Sekarang kaos oblong tidak lagi sebagai pakaian dalam. Yang jelas, T-shirt adalah pakaian sehari-hari, yang casual. Enak dipakai dan simpel.

Lagi pula, kaus oblong, sekarang ini bahannya sudah bagus. Designnya juga menarik, jadi aneh juga kalau dikatakan kaus oblong tidak rapi. Apalagi sekarang banyak “distro” yang menjajakan kaos oblong dengan gambar dan tulisan yang indah. Memang ada juga kaus oblong yang gambar dan designnya yang kurang pantas, dan kurang mendidik. Namun hal itu lumrah saja, karena selera orang memang sangat beragam.

Lihat juga sumber ini untuk cerita kaus oblong. Dikisahkan kalau kaus oblong adalah cerminan dari keinginan untuk membebaskan diri dari “pakem” lama. Orang muda selalu kreatif dan ingin mencoba yang baru. Salah satu yang digunakan untuk menggambarkan kreatifitas itu adalah melalui kaus oblong.

Dari cerita kaus oblong itu, kita bisa tau bahwa kaus oblong adalah lambang gerakan kaum muda yang ingin menampilkan kemampuan dan kreatifitasnya. Jadi sangat berlebihan kalau kaus oblong dianggap tidak rapi.

One thought on “Apa iya, pake kaus oblong tidak rapi ?

  1. hmm masih banyak yang begityu amangboru…
    dulu kuliah banyak dosed (terutama yg didikan Belanda) mesti pake baju berkerah kalo enggak beneran gak boleh masuk. Sigh.

    Kalao yg dimaksud oblong tuh kaos dalam katun putih, ya memang ndak pantas, tapi kalo T-shirt harusnya udh bisa dibilang rapi lah..

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s