Blog Action Day 2009: Promoting Green Lifestyle

Blog Action Day (BAD) 2009, hari ini ditetapkan di seluruh dunia, dan sudah ditetapkan topiknya adalah climate change. Diharapkan semua bloger yang mendaftar untuk sedikitnya memposting satu artikel tentang BAD 2009 dan Climate Change. Jadi itulah dia hari ini. Selain itu saya juga posting satu artikel tentang transportasi dalam rangka BAD 2009.

Apa yang perlu direspon dari Blog Action Day (BAD) 2009, adalah adanya perubahan perilaku. Setiap orang dapat menghambat dan mengurangi global warming yang menyebabkan climate change dengan merubah kebiasaan sehari-hari seperti dibawah ini.

  • Tanamlah pohon sebanyak-banyaknya di rumah. Sebab sebuah pohon mampu menghisap C02 sepanjang hidupnya.
  • Matikan lampu/AC/TV dan alat-alat elektronik setiap kali selesai menggunakan. Peralatan yang masih tersambung tetap menyerap listrik.
  • Gantilah lampu dengan lampu yang hemat energi.
  • Hemat menggunakan air (misalnya, jangan biarkan keran ngocor sewaktu sikat gigi, mandi dengan shower tekanan sedang lebih hemat ketimbang pakai gayung).
  • Biasakan service AC Anda secara rutin, gunakan alat-alat elektronik hemat energi dan yang telah berlabel non-CFC.
  • Tidak membiarkan pintu kulkas terbuka terlalu lama.
  • Daur ulanglah kertas koran dan kaleng-kaleng bekas dengan terlebih dahulu memisahkan antara sampah organik dan anorganik.
  • Belilah barang-barang daur ulang.
  • Jangan membakar sampah di pekarangan rumah.
  • Belilah produk lokal sebanyak-banyaknya, karena dari lokasi produksi sampai ke rumah anda, jarak tempuhnya relatif pendek, berarti enerji yang dipakai lebih sedikit.

Poin-poin itu sudah saya tuliskan di Green Lifestyle, dan anda mungkin berminat mengetahui lainnya, klik saja ke sana. Poin-poin itu baru sebagian kecil saja dari kebiasaan hidup sehari-hari yang dinilai mendukung green lifestyle. Banyak kebiasaan di kantor, di jalan, dan di tempat-tempat umum yang bisa mendukung upaya pengurangan global warming. Coba lah klik dan lihat Eco-valentine sebagai contoh lainnya.

Siapa yang berani angkat tangan dan bilang bahwa dia tidak bisa melakukan hal-hal diatas. Anak kecil aja bisa, apalagi yang sudah sering baca blog, tentu saja bisa. Semua orang bisa kan melakukan hal yang sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan sehari-hari saja memang tidak cukup untuk menghambat climate change. Diperlukan upaya sistematis. Tapi bagian dari upaya sistematis itu adalah perubahan perilaku dari tiap individu. Perubahan individu akan sangat mempengaruhi perubahan secara total.

One thought on “Blog Action Day 2009: Promoting Green Lifestyle

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s