Menghitung emisi gas rumah kaca dari pembangunan jalan

 Boleh dibilang hampir semua kegiatan manusia menimbulkan emisi gas rumah kaca, apakah dalam bentuk CO2, CH4, SO2 dan lain-lain. Kalaupun ada kegiatan yang tidak langsung menimbulkan emisi gas rumah kaca, secara tidak langsung dapat menimbulkan gas rumah kaca, karena menggunakan energiatau karena menggunakan bahan-bahan lain.

Pembangunan jalan termasuk kegiatan pemeliharaan, merupakan salah satu kegiatan yang menimbulkan emisi gas rumah kaca (GRK). Untuk mengetahui berapa besar emisi GRK dari pembangunan jalan, International Road Federation (IRF) telah mengembangkan suatu metode penghitungan emisi GRK dari pembangunan jalan. Model yang disebut “CHANGER” tersebut dikembangkan selain untuk menghitung emisi GRK, tetapi juga merupakan bentuk partisipasi dan kepedulian dalam mengurangi emisi gas rumah kaca.

Kalkulator GRK yang dinamai “CHANGER” itu dikembangkan dengan menganalisa kegiatan-kegiatan pembangunan jalan yang menimbulkan emisi GRK. Emisi GRK dari pembangunan jalan, terdiri dari penggunaan bahan (material), penggunaan alat (termasuk enerji, bahan bakar) dan juga keterlibatan manusia serta proses pembangunan jalan.

Metoda yang digunakan untuk menghitung emisi GRK, sudah mengadopsi metoda yang dikembangkan oleh IPCC (International Panel on Climate Change), sehingga diyakini metoda itu sudah sesuai dengan metoda yang umum dipakai.

Modul “CHANGER” terdiri dari dua bagian yaitu  kategori “Pre-Construction” dan kegiatan “Pavement”. Kategori “Pre-Construction” meliputi: Clearing and piling: yaitu perhitungan yang didasarkan pada luas permukaan tanah yang dibuka (dibangun dan digunakan) untuk pembuatan jalan. Dalam hal ini emisi GRK dihitung dari jumlah mesin dan peralatan yang digunakan dan banyaknya bahan bakar terpakai. Juga dihitung emisi karbon yang terjadi akibat membawa material ke lokasi pembangunan jalan.

Pada tahapan “pavement“, dilakukan perhitungan yang serupa untuk menghitung emisi dari proses pavement. CHANGER akan menghitung emisi dari peralatan, mesin, bahan bakar dan transportasi. Jumlah bahan bakar yang digunakan dari lamanya peralatan dan mesin beroperasi dalam proses pembangunan jalan.

Kalkulator untuk menghitung emisi GRK ini dirancang secara fleksibel. Sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan di berbagai tempat. Sistemnya dikembangkan sedemikian rupa untuk dapat diadopsi sesuai kebutuhan pengguna. Menurut informasinya, sistim softwarenya dibuat semaksimal mungkin “user friendly“, sehingga orang (operator) awam dapat menggunakan. Sudah tentu sistim CHANGER dilengkapi dengan pembuatan laporan. Dengan database yang melengkapi sistem ini, berbagai kebutuhan laporan dapat dibuat.

Dalam pengembangan model CHANGER, IRF mendapat dukungan dari berbagai lembaga yang berkompeten. Lembaga tersebut melakukan validasi terhadap database dan pendekatan model yang dikembangkan dalam CHANGER. The LAVOC (Traffic Facilities Laboratory) dari The Swiss Federal Institute of Technology (Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne – EPFL) telah melakukan analisa dan validasi terhadap database sert kehandalan proses dalam CHANGER.

Pendekatan dan metoda yang digunakan untuk menghitung emisi GRK, memungkinkan melakukan penghitungan emisi dari pembangunan jalan, maka dengan metoda yang serupa, proses pembangunan fisik di sektor lain juga mestinya dapat dihitung dengan mudah. Pembangunan pelabuhan, pembangunan infrastruktur lain juga dapat menggunakan metoda yang serupa.

Dari waktu ke waktu semakin banyak alat yang dibuat untuk mendukung peletarian lingkungan.
.

Informasi lebih lengkap ada di International Road Federation (IRF) Changer.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s