Babaturan, kumaha Bandung ayeuna ??

Secara emosional, sulit bagi saya untuk mengabaikan kota Bandung dari ingatan dan memori saya. Ada berbagai alasan yang membawa saya untuk sering-sering mengingat kota ini. Di kota Bandung terjadi hal-hal yang menentukan arah hidup saya sekarang ini. Di kota ini saya merasa menemukan dan membentuk “jati diri” saya.

Dari seorang yang kurang percaya diri, lewat berbagai proses, saya berubah menjadi seorang yang bahkan mungkin terlalu percaya diri, berani menghadapi situasi dan kondisi apapun. Kalau tadinya saya merasa sebagai “orang kecil“, lewat proses waktu dan pembelajaran hidup, yang terutama di Bandung< saya merasa menjadi "orang yang penuh”. Di Bandung pula saya bertemu “boru ni raja i“, gadis tercantik, yang kemudian menjadi ibu dari kedua anak saya. Perjalanan hidup yang saya tempuh di Bandung, menentukan sebagian besar arah hidup saya kemudian.

Akhir Mei lalu, saya ke Bandung lagi untuk kesekian kali. Bandung yang sekarang memang sudah tidak sama dengan Bandung ketika saya disana dulu. Banyak perubahan yang terjadi, banyak kemajuan, tapi, ada juga yang membuat saya bertanya-tanya mengapa Bandung menjadi seperti sekarang ini.

Sebagai seorang yang banyak berkecimpung di masalah per-kota-an, saya melihat beberapa hal yang membuat saya terheran-heran. Akhir Mei lalu, hampir semua jalan yang saya lewati mengalami kerusakan. Jalan-Jalan protokol, maupun jalan kecil di kawasan permukiman banyak yang rusak, jalan berlubang disana-sini dan ukurannya cukup besar. Sebagai kota besar yang sangat ramai, tidak pantas bila jalan-jalan protokol dan jalan penting mengalami kerusakan yang seperti yang saya lihat itu.

Saya merindukan kota kembang Bandung yang lancar lalulintasnya, nyaman lingkungannya, ramah warganya. Kumaha ayeuna Bandung, akang, teteh, bapa, ibu, ayo atuh, jadikeun Bandung jadi kota impian bagi sadayana. Engkeu, kumaha Bandung teh !!. Semoga menjadi lebih baik, tidak cuma macet di sana-sini. Hayo batur- hayo batur… jadikan Bandung kota kenangan….

One thought on “Babaturan, kumaha Bandung ayeuna ??

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s