Nginap di hotel jam-jam-an

Untuk pertama kalinya saya masuk sebuah hotel dengan tarif jam-jam-an. Tarip dipatok untuk harga 6 jam pertama, meski pemakaian kurang dari 6 jam. Selanjutnya bila lebih dari 6 jam, maka harga di”charge” untuk setiap satu jam. Saya pikir ya tidak apalah, hitung-hitung untuk mengalami hotel jam-jam an.

Saya terpaksa menginap di hotel jam-jam-an ini karena, pesawat yang membawa saya dari Ho Chi Minh, Vietnam, tiba di Changi Singapura sekitar jam 23.20 waktu setempat. Padahal, penerbangan lanjutan saya ke Surabaya, baru pada jam 4 sore hari berikutnya. Saya tidak bisa menyusun jadwal penerbangan yang transitnya agak lumayan, karena kepergian saya ke Ho Chi Minh City memang sangat mendadak. Sehingga tidak banyak pilihan bagi saya untuk mengatur jadwal penerbangan yang connectingnya bagus. Saya diputuskan berangkat ke Ho Chi Minh City hari Kamis, dan harus berangkat hari Minggu. Jadi hanya ada hari Kamis Sore, Jumat dan Sabtu, untuk mencari tiket pesawat. Maka saya terpaksa mendapat jadwal penerbangan “seadanya“.

Kembali ke hotel jam-jam an, karena terpaksa harus transit sekitar 16 jam di Singapore, maka saya putuskan untuk menginap di Transit Hotel yang terdapat di terminal-2 Changi. Untuk mendapatkan kamar di Ambassador Transit Hotel di Changi, sebaiknya melakukan reservasi terlebih dahulu. Jadi begitu saya tiba di Ho Chi Minh City (HCMC), saya dibantu oleh petugas di HCMC untuk melakukan reservasi. Bila kita tidak booking duluan, maka kecil kemungkinan untuk dapat kamar.

Begitulah, jadinya, sebuah email masuk ke “inbox” saya yang memberitahukan bahwa booking saya sudah confirm. Email itu juga menjelaskan beberapa informasi tentang anjuran supaya segera melakukan check in begitu pesawat mendarat. Bila lebih dari satu jam setelah pesawat mendarat, booking bisa di anggap cancel. Menurut email itu untuk 6 jam pertama, tarif kamar adalah 68.27 dollar Singapore. Dan kelebihan setiap jam dikenakan tarip 15.30 dollar Singapore.

Tiba di Changi menjelang tengah malam, langsung Ckeck-in. Begitu mendapat kunci kamar, saya masuk kamar dan meletakkan tas kabin saya begitu saja di lantai dan langsung merebahkan diri di kasur. Tak lama kemudian saya terlelap, dan baru terbangun setelah “wake-up call” mengganggu telinga saya tepat jam 7 pagi.

Jadi saya tertidur sekitar 7 jam di hotel jam-jam an bandara Changi Singapore yang terkenal super sibuk. Harga yang harus saya bayar ya cukup lumayan untuk PNS seperti saya. Untuk sebuah pengalaman, ya tidak ada salahnya, apalagi yang membayar adalah the World Bank, yang mengundang saya ke Ho Chi Minh City untuk menghadiri Workshop Eco2 Cities.

3 thoughts on “Nginap di hotel jam-jam-an

1. Pak, saya ada rencana nginap di Ambasador transit hotel dan sudah booking tapi saya diminta tidak keluar dari imigrasi dan tidak ambil bagasi , bagasi nanti ambil setelah nginap ,bagasi nanti ambil di lost & found. Apakah bapak juga begitu ? saya agak kuatir dengan bagasi nya ,mohon penjelasan Terimakasih

2. @ Justine Amelia: Kalau bagasi sudah di check-in sampai final destination, tidak ada masalah. Saya misalnya waktu check-in di Ho Chi Minh, bagasi saya langsung ke Surabaya. Selama kita transit, bagasi menjadi tanggung jawab airlines. Ketika saya sampai di Surabaya, bagasi juga sampai. Bagasi kabin ya harus dibawa. Jadi tidak ada masalah.
    Hotel Ambassador memang ada di dalam terminal Changi, jadi tidak keluar dari imigrasi.

3. Terima kasih atas pencerahan nya , tapi mungkin rute saya agak beda karena tiba di changi jam 23.30 dari Jkt pake Mandala (Terminal 2 cahangi) dan berangkat lagi ke guangzhou jam 06.00 pagi pake Tiger airways di Budget Terminal (jadi transit 6 jam). Pagipagi Saya harus keluar dari Terminal 2 dan menuju Budget Terminal .Informasi dari Ambasador hotel bagasi ambil di Lost &found saat keluar terminal 2.Jadi bagasi harus ditinggal dan ambil lagi esok pagi di lost & found setelah imigrasi. Jadi saya kuatir dengan bagasi .Thanks