Bah, ada gunung api, katanya Indonesia tidak aman

Letusan Gunung Sinabung

……… Indonesia is prone to earthquakes, volcanic eruptions, and the occasional tsunami. It can well be considered a very dangerous place to live despite its beauty due to these tectonic caused effects. Yet geothermal power in Indonesia is an increasingly significant source of renewable energy. As a result of its volcanic geology, Indonesia has about 40% of the world’s potential geothermal resources. To live well one may have to live dangerously…….… …..

Bah, gegabah sekali penulis diatas bilang kalau Indonesia adalah tempat yang sangat berbahaya. Tulisan itu saya kutip dari ENN (Environmental News Network) yang memberitakan letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara. Ini statement yang terlalu tendensius, banyak negara dan daerah yang senantiasa ada letusan gunung api, gempa bahkan topan badai, tapi tidak selalu disebut sebagai sangat berbahaya. Perhatikan kalimatnya ….“It can be considered a very dangerous place ..….”

Tentu saja kita tidak terima, kalau karena adanya letusan gunung api, lantas bilang kalau Indonesia sebagai tempat yang sangat berbahaya. Pernyataan itu sangat tendensius, dan tidak didukung oleh suatu kenyataan yang benar. Yang benar adalah bahwa di Indonesia erdapat banyak gunung api. Indonesia memang berada pada lempeng gunung api di Samudra Hindia dan Pacifik.

Tapi tidak benar kalau Indonesia merupakan tempat yang sangat berbahaya. Apalagi keadaan berbahaya itu dikaitkan dengan letusan gunung api. Kalau mau fair, Jepang jauh lebih berbahaya dari Indonesia, karena setiap hari Jepang mengalami ratusan kali gempa besar dan kecil. Atau Filipina, yang juga menjadi langganan badai tropis.

Nampaknya ENN, kali ini ceroboh dalam memuat berita dan opini. Tapi itulah media. Yang lebih penting saat ini, sesungguhnya adalah penanganan korban letusan Sinabung. Nampaknya, karena korban jiwa bisa dihindarkan, perhatian media dan pemerintah tidak begitu serius. Padahal kerugian yang dialami masyarakat bukannya sedikit.

Puluhan ribu orang harus mengungsi, itu artinya mereka harus meninggalkan kegiatan sehari-hari yang menghidupi mereka. Tanah Karo adalah daerah pertanian dan perkebunan yang subur di Sumatera Utara. Akibat debu gunung Sinabung, produksi pertanian dan perkebunan banyak yang rusak. Sudah tentu ini berdampak pada penghasilan para petani dan buruh tani.

Semoga Pemerintah dan masyarakat lainnya lebih terbuka membantu para korban Gunung Sinabung.

Pertanyaan:
1. Mengapa banyak orang terlalu cepat menyimpulkan sesuatu yang tidak didukung fakta yang relevan ?.
2. Kenapa media barat gampang menyimpulkan Indonesia sebagai tempat yang berbahaya ?
3. Mengapa pemberitaan media Indonesia (TV dan Koran) kurang gencar kalau tidak ada korban jiwa ?

One thought on “Bah, ada gunung api, katanya Indonesia tidak aman

  1. Yang pasti, pihak luar yg tdk mengetahui dengan jelas situasi aslinya disini hanya menambahi berita-berita yang mereka terima tentang peristiwa yg terjadi, lalu memberitakannya lagi dengan seabgreg bumbu khayalan mereka. Jika dilihat dari gambar gunung berapi tsb, itu bukanlah gambar Gunung Sinabung , karena Gunung sinabung tidak mengeluarkan lahar seperti dalam gambar, mungkin mereka kutip gambar itu dari berita yang lain lagi. Padahal peristiwa gunung sinabung ini, tidak sedahsyat yang digambarkan, walaupun ada potensi bahaya, namun tidak sebesar yang diperkirakan.

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s