Berapa besar peran anda ikut menjadikan bumi semakin membara ??

Bumi semakin membara

Semua orang ikut berperan terhadap pemanasan global. Tua muda, miskin kaya, dewasa anak-anak, pintar bodoh semua punya andil dalam pemanasan global. Lho kok bisa ?. Ya, setiap orang yang menggunakan air, dan enerji dalam kehidupannya, memberikan sumbangsih dalam pemanasan global.  Pemanasan global diakibatkan oleh kegiatan yang merubah dan menggunakan air dan enerji. Karena setiap orang selalu menggunakan air dan enerji, maka semua orang ikut berperan dalam pemanasan global.

Pemanasan global terjadi karena peningkatan gas rumah kaca (GRK) yaitu beberapa gas seperti CH4, CO2, N2O, HFC, PFC, dan SF6 di atmosfir. Dan peningkatan GRK disebabkan oleh kegiatan manusia terutama dalam menggunakan air dan enerji. Besarnya GRK diatmosfir dihitung dengan ekivalensi CO2. (Kesepakatannya begitu sih). Sekitar 70 tahun terakhir, konsentrasi GRK di atmosfir meningkat sangat tajam. Peningkatan GRK itulah yang menjadi biang kerok pemanasan global.

Pemakaian air dan enerji selama 70 tahun terakhir luar biasa besar dibandingkan sebelumnya. Perubahan itu sejalan dengan perkembangan gaya hidup (lifestyle) umat manusia yang berkembang sangat pesat. Akibatnya, air dan enerji digunakan sangat banyak, dan emisi gas rumah kaca menjadi meningkat.

Penggunaan air dan enerji oleh manusia mulai dari lahir sampai mati, dalam kegiatan sehari-hari secara individu, maupun secara berkelompok. Bangun pagi, kegiatan pertama, adalah menggunakan air. Bahkan kala tidurpun menggunakan enerji yang cukup banyak untuk penerangan maupun pengatur temperatur ruangan. Apalagi dalam melakukan kegiatan sehari-hari, kita menggunakan enerji yang sangat luar biasa dan menyisakan ampas atau sampah yang sangat besar, dan emisi GRK yang juga besar. Singkat cerita setiap orang punya peran dan kontribusi terhadap peningkatan GRK. Pertanyaannya, berapa besar kontribusi anda dalam pemanasan global ???

Saat ini, sudah tersedia kalkulator untuk menhitung beban emisi individu terhadap pemanasan global. Kalkulator tersebut dirancang untuk menghitung emisi GRK perorangan dengan mempertimbangkan kebiasaan dan lifestyle. Seseorang yang sangat sering  menggunakan kendaraan bermotor, melepaskan emisi GRK yang sangat besar, dibandingkan dengan seseorang yang sering menggunalan sepeda.  Setiap orang dapat menghitung emisi GRK dengan menggunakan sebuah software yang dikembangkan oleh EarthLab.

Saya mencoba menghitung emisi GRK saya selama setahun, dan hasilnya adalah saya melepaskan emisi GRK senilai 53 ton CO2 (ekivalen)  dalam setahun. Software itu juga menantang kita untuk membuat perubahan melalui suatu pledge, yaitu komitmen untuk mengubah gaya hidup yang lebih ramah lingkungan. Dalam pledge itu, jika kita berniat untuk menurunkan emisi GRK individu dengan melakukan kegiatan yang lebih ramah lingkungan, maka kita dapat menghitung berapa penurunan emisi GRK dalam setahun.

Anda bisa menghitung sendiri berapa carbon print yang terjadi selama setahun. Tidak percaya?, silahkan coba disini.

Dari hasil hitungan kalkulator itu, anda bisa ikut mengurangi laju pemanasan global dengan membuat pernyataan (pledge) serta melaksanakan pledge itu dalam kehidupan sehari-hari.

Kalkulator itu sering juga disebut Footprint calculator, dirancang untuk menghitung emisi individu yang hidup dengan lifestyle di negara maju. Untuk kebutuhan Indonesia, kalkulator itu mestinya memerlukan penyesuaian. Tapi sebagai latihan untuk mendukung upaya menghambat laju pemanasan global, kalkulator itu cukup baik digunakan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s