Mau hidup sehat ??

Kalau sampai sekarang saya belum pernah masuk dirawat rumah sakit, tentu itu hal yang patut disyukuri. Ada beberapa orang yang lebih muda sudah harus opname dan menjalani perawatan rumah sakit. Sebagian mereka dirawat karena diare, demam berdarah, typhus, atau penyakit yang serius seperti tekanan darah tinggi bahkan penyakit dalam. Penyakit-penyakit itu belum mampir ke saya.

Kalaupun saya kadang kurang sehat, paling karena flu, sakit perut (salah makan, karena perut saya agak sensitif) yang tidak memerlukan perawatan serius. Kadang, karena kepingin makan yang pedas atau makan rame-rame di tempat yang agak terbuka dimana kebersihannya kurang baik, kalau saya makan, maka beberapa jam kemudian, makanan itu akan dikeluarkan secara paksa melalui mulas sakit perut. Dengan  makan yang sehat dan beristirahat biasanya flu atau sakit perut akan sembuh dengan sendirinya.

Seiring dengan bertambah usia, daya tahan tubuh mungkin akan berkurang. Meskipun upaya menjaga kesehatan terus diupayakan, saya pikir ketahanan tubuh secara perlahan akan mulai gampang turun. Karena itu saya ingin mulai posting masalah kesehatan, sebagai sebuah early warning system bagi saya.  Boleh jadi dimasa depan, posting tentang kesehatan akan menjadi salah satu topik (category) yang dominan di blog ini.

Itu dulu untuk kali ini….

Leave a Reply

