Orang jujur dizolimi massa

Ny. Siami menyampaikan maaf kepada massa

Ny. Siami "minta maaf" kepada orang tua siswa

Minta ampun, seorang yang mengungkapkan kejujuran malah mau diusir oleh para tetangganya. Sudah sedemikian buruk kah kondisi masyarakat kita sehingga yang melakukan kejujuran justru dihakimi oleh massa?? Adalah Ny. Siami, ibu seorang anak kelas VI SD, yang pada saat menjelang UNAS lalu, ditawari contekan, tetapi menolak contekan. Ali (bukan nama sebenarnya) putra Ny. Siami yang sedang duduk di kelas VI SD di kawasan Gadel, Surabaya, ditawari oleh oknum guru dan Kepala Sekolah untuk menyontek pada saat UNAS. Tawaran mencontek itu ternyata diberikan secara massal kepada siswa kelas VI, dengan tujuan agar sekolah tersebut mencapai kelulusan 100 persen.

Ali melaporkan tawaran contekan itu kepada orang tuanya. Ny. Siami yang mendengar itu, menolak contekan dan melaporkan oknum guru kepada kepala sekolah. Laporan Ny. Siami itulah yang ditentang oleh para orang tua siswa yang lain, dan berbuntut pada demo pengusiran Ny. Siami sekeluarga dari rumahnya.

Tindakan kejujuran Ny. Siami yang melarang anaknya mencontek dan melaporkan pembagian contekan massal, dianggap orang tua siswa yang lain sebagai upaya menurunkan “prestise” sekolah. Ny. Siami dan keluarganya dianggap “Sok idealis“. Ny. Siami dianggap oleh para orang tua siswa “mencemarkan” nama sekolah, karena membongkar kasus mencontek massal. Sehingga Ny. Siami sekeluarga di teror oleh para orang tua siswa yang juga tetangga dari Ny. Siami.

Tidak cukup menteror keluarga Ny. Siami, para orang tua siswa yang kalap malah berdemo dan hendak mengusir keluarga Ny. Siami dari rumahnya. Para orang tua siswa yang menyetujui mencontek massal berbuat kalap untuk “membenarkan” ketidak jujuran dan menzolimi orang yang jujur, Ny. Siami. Ny. Siami yang ingin mendidik anaknya dengan benar dikeroyok oleh massa dan oknum guru yang tidak profesional.

Memprihatinkan, masyarakat kita sedang sakit. Oknum guru dan oknum Kepala Sekolah sudah tidak menghargai kejujuran. Sistem pendidikan kita sakit. Siapa yang akan mengobati, obat apa yang sesuai??

Lihat berita selengkapnya di koran ini.

2 thoughts on “Orang jujur dizolimi massa

  1. 😦 yang benar malah disalahkan..
    Aku dari kecil diajarkan untuk tidak boleh nyontek dan memberi contekan, yah hasilnya gak terlalu banyak temen siy😛 hehehe
    tapi puas…

    *eh pernah sekali nyontek waktu smp dan ngeras bersalahnya sampe seminggu ihiks*

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s