Jalan sederhana Ibu Teresa

Sangat sederhana ....

Sudah banyak publikasi tentang Ibu Teresa. Siapa yang tidak tau pengabdian yang dilakukan beliau. Ibu Teresa melayani orang yang paling sengsara  diantara yang termiskin. Merawat orang miskin,  sakit yang menunggu ajal. Yang bahkan keluarga si sakitpun sudah tidak mampu merawat. Ibu Teresa dengan kasih yang luar biasa menemani orang yang hampir mati. Pendek kata Ibu Teresa bekerja melakukan hal yang nyaris tidak pernah dilakukan orang lain. Ia menjalankan misi yang nyaris tidak mungkin. It is a mission impossible.

Pengabdian tanpa henti Ibu Teresa, sesungguhnya dilakukan dengan cara dan metoda yang sangat sederhana. Bekerja dengan yang terbaik di lingkungan paling buruk untuk kebaikan. Beliau tidak menyalahkan pihak lain, tidak mempermasalahkan mengapa kondisi menjadi buruk. Ia bekerja, dan bekerja dengan yang terbaik. Itu saja yang dilakukannya. Ibu Teresa tidak banyak melakukan hal-hal lain selain bekerja.

Kalau diukur dari teori manajemen manapun, tantangan yang dihadapi Ibu Teresa luar biasa berat dan luar biasa sulit. Ibu Teresa tidak punya dana, tidak punya sistem manajemen (kecuali bekerja secara sederhana), tidak punya resources. Kondisi dan tantangan yang dihadapi luar biasa sulit. Secara teori manajemen umum, persoalan yang dihadapi Ibu Teresa extra luar biasa rumit. It is a mission impossible.

Tapi menghadapi persoalan yang demikian kompleks, Ibu Teresa tidak berpikir tentang bagaimana manajemen melayani orang melarat. Ia hanya bekerja dengan kesederhanaan yang ia punya. Ibu Teresa tidak pusing memikirkan apakah ia akan berhasil, atau apakah tantangan yang dihadapi akan bisa diatasi. Ia tidak peduli seberapa kompleksitas persoalan.

Ibu Teresa  tidak pernah menyerah dan tidak pernah lelah, meski hambatan dan kesulitan demikian rumit. Ia tidak memikirkan keadaan dirinya sendiri, bahkan dalam keadaan yang kurang sehatpun beliau tetap melayani orang yang paling susah diantara yang paling miskin. Tantangan yang amat besar dihadapi dengan cara yang sederhana. A mission impossibel completed by a simple method.  Ibu Teresa membalikkan teori manajemen, bahwa persoalan kompleks bisa diselesaikan dengan cara sederhana. Bagi Ibu Teresa tidak ada persoalan yang tidak dapat diselesaikan, tidak ada hambatan yang rumit. Bekerja dengan yang terbaik untuk kebaikan. Itu saja.

Kalau Ibu Teresa menghadapi tantangan yang hampir tidak mungkin dengan cara sederhana: “Bekerja dengan yang terbaik untuk kebaikan“, prinsip itu berlaku juga untuk persoalan besar dimanapun. Prinsip sederhana Ibu Teresa bisa juga diaplikasikan untuk menyelesaikan persoalan yang multi kompleks seperti pemberantasan KKN di negeri ini. Yang diperlukan adalah orang-orang yang bekerja dengan yang terbaik untuk kebaikan, memberantas KKN.

Semua orang bisa mengerjakan hal-hal sederhana. Bekerja sederhana itulah yang harus dilakukan terus menerus, dengan semakin hari semakin baik. Tidak perlu menunggu  orang lain melakukan kebaikan baru kita melakukan hal yang baik. Tidak harus ada acara seremoni untuk melakukan yang baik. Tapi jangan berhenti melakukan kebaikan walau ada orang yang mengganggu atau yang menghambat.  Semua orang bisa melakukan kerja sederhana. Semua orang bisa melakukan kebaikan seperti apa yang dilakukan Ibu Teresa.

Suatu saat nanti, kita akan terkejut akan hasil yang luar biasa baik.

2 thoughts on “Jalan sederhana Ibu Teresa

  1. Dalam kehidupan sehari-hari pun, di lingkungan RT, saya pun sering menemui orang yang selalu membesar-besarkan masalah. Sebenarnya pokok permasalahan tidak terlalu besar, tetapi karena mereka melihatnya secara terlalu berlebihan, jadinya, kami melihat ybs adalah orang yang sangat rumit.
    Bukannya dicari gampangnya gimana, yang terpenting, tidak ada yang dirugikan dan tidak bertentangan dengan norma. Insyaallah semua masalah bisa menjadi mudah.

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s