Pelepasan dari BLH Surabaya

Untuk mengapresiasi staf di Badan Lingkungan Hidup kota Surabaya (BLH), saya harus menulis post ini sebagai tanda terimakasih kepada mereka (saya sebut saja teman-teman BLH) yang telah membantu saya kurang lebih 4 setengah tahun terakhir. Tanpa saya duga teman-teman BLH menyiapkan sebuah acara “pelepasan” yang sangat mengharukan disebuah rumah makan di kawasan Gubeng. Akan saya tulis post ini di blog ini dan juga di Facebook, sehingga saya bisa men-tag teman-teman. Tentu saja dilengkapi beberapa foto, supaya lebih “cool’. Sebenarnya acara “pelepasan” nya sudah berlangsung tanggal 23 Juni lalu, meski sekarang baru dipost, ya karena kesibukan waktu saja.

Sebenarnya sejak mulai proses kepindahan ke kantor baru di Jakarta, saya sudah mulai memberi “sinyal” kepada teman-teman BLH bahwa saya akan meninggalkan mereka. Meski pada awalnya saya juga belum pasti akan diterima dikantor baru, tapi saya pikir, saya perlu memberi tanda-tanda akan kepindahan saya. Beberapa teman ada yang bisa menangkap sinyal yang saya sampaikan. Tapi barulah setelah ada surat permintaan resmi dari kantor baru, saya mengutarakannya secara tegas kepada teman-teman BLH, bahwa saya akan pindah tugas dari BLH Surabaya ke kantor baru di Jakarta.

Setelah pelantikan di Jakarta tanggal 17 Juni, kemudian secara resmi saya mohon pamit kepada teman-teman BLH. Seusai pelantikan, saya kembali ke kantor BLH Surabaya, untuk mengemasi barang-barang pribadi, dan sekaligus menyelesaikan tugas administrasi, supaya tugas-tugas saya selama ini bisa diambil alih oleh teman-teman. Saya minta ijin kepada atasan baru di Jakarta agar saya diberi waktu seminggu membereskan administrasi, termasuk serah terima tugas dan fasilitas kantor yang saya pakai selama ini.

Di minggu terakhir di BLH itu, pak Teguh dan pak Sri Wahono, dua staf di BLH, secara khusus menemui saya. Keduanya menyampaikan ucapan selamat atas tugas baru saya di Jakarta. Tetapi mereka juga secara khusus menyampaikan rasa penyesalan karena saya harus meninggalkan mereka. Mereka berdua selama ini merasa sangat dibantu dalam bekerja, dan merasa cocok bekerja dengan saya.

“Kami sangat senang dibimbing oleh bapak selama ini, dan kami akan merasa kehilangan sepeninggal bapak”, Pak Sri Wahono berkata dengan mimik yang serius.

“Pak Sri, selama ini saya mencoba bekerja dengan segala kemampuan saya untuk mengajak teman-teman menyelesaikan tugas kita. Saya berusaha agar teman-teman bisa lebih baik dari sebelumnya”,  saya menimpali.

Itulah cuplikan omongan saya dengan Pak Sri dan Pak Teguh. (Pak Sri silahkan mengomentari ini di Facebook ya… dan juga di Blog, kalau saya salah tulis!).

Tapi yang membuat saya lebih surprise adalah acara “pelepasan” pada Jumat siang 23 Juni itu. Semua teman-teman BLH hadir di acara siang itu. Bahkan beberapa kawan yang sudah pensiun seperti Pak Jitno, Bu Luki, Pak Iman, Pak Sukadi,  dan Pak Suprio hadir menyemarakkan siang itu. Begitu juga teman-teman yang  pindah dari BLH seperti Pak Efendi, dan Pak Hendra. Bu Indati sebenarnya katanya  mau datang, tapi hari itu Bu Indati tugas ke luar kota.

Saya menjadi merasa terbeban, karena saya melihat wajah-wajah yang seolah “berat” melepas saya dari BLH. Tapi sungguh siang dan sore itu saya merasa lega, karena saya merasa bahwa teman-teman BLH ternyata menghargai kebersamaan saya selama  empat setengah tahun bersama mereka.

Selama ini saya merasa bekerja bersama teman-teman sebagai suatu tugas yang harus saya laksanakan. Saya menganggap bahwa sudah menjadi kewajiban saya untuk bekerja dengan yang terbaik yang bisa saya lakukan.  Tapi hari itu saya mendapat kesan, bahwa selama bekerja dengan mereka, saya bisa menjadi teman dan atasan yang membantu tugas mereka dengan baik. Ada beberapa orang yang mengatakan secara langsung kepada saya, bahwa mereka mendapat banyak pelajaran dari saya. Saya mempunyai catatan tersendiri di hati saya, akan kesan yang diberikan oleh teman-teman BLH.  Kalau saya tulis semua kesan itu, bisa-bisa saya menjadi terlalu GR dan narsis yang berlebihan. Tapi seandainya kesimpulan saya ini berlebihan, atau ada yang keliru, silahkan teman-teman BLH berkomentar dan mengoreksi di Facebook ya…

Foto-foto sedang ada di Surabaya, dan akan diupload belakangan. Jadi untuk sementara, posting ini tanpa foto dulu.

One thought on “Pelepasan dari BLH Surabaya

  1. wah selamat menjalankan tugas baru pak…
    surabaya mdapatkan adipura kembali juga karena kerja keras bapak di Badan Lingkungan Hidup.
    wah kalau bapak pindah, lalu yang mengantikan kira2 siapa pak???
    saya khawatir jika adipura tidak menghampiri surabaya lagi jika bapak pindah, saya berharap penggantinya bisa seperti bapak.
    mudah2an sukses terus pak.
    saya pembaca setia blog bapak…makasih

    Like

Leave a Reply

