Statistik blog

Sebenarnya saya tidak terlalu mempersoalkan statistik blog ini. Kalau banyak pengunjungnya, syukur, kalau sedikit, ya tidak mengapa. Saya senang kalau banyak komentar, tapi kalau pembaca tidak kasi komentar juga oke-oke saja. Meski begitu saya sering memperhatikan statistiknya, terutama topik atau posting yang paling banyak dibaca di blog ini. Saya juga heran, kenapa yang paling banyak dibaca adalah Cara mendapatkan anak laki-laki ? . Sudah lama posting ini menjadi topik yang paling banyak di baca di blog saya. Saya sempat tergoda untuk mengembangkan topik-topik sejenis ini supaya semakin banyak yang membaca blog ini. Tapi kompetensi saya dibidang itu sangat terbatas. Saya tidak ingin menulis sesuatu yang asal ngarang, apalagi kalau saya tidak terlibat dalam tulisan itu.

Saya berusaha menulis di blog ini sesuatu yang ada relevansinya dengan saya, kegiatan saya atau pandangan saya. Bukan tentang cerita orang lain, atau pengalaman orang lain yang tidak ada hubungannya dengan saya. Ada kalanya saya menulis tentang sesuatu atau seseorang yang secara pribadi tidak mempunyai hubungan dengan saya. Misalnya saya menulis tentang Barack Obama, Lewis Hamilton, Bunda Teresa, atau bahkan Steve Jobs, itu karena pengalaman hidup mereka menggugah saya.  Diluar itu saya juga kadang menulis harapan dan keinginan saya secara umum. Tapi saya lebih senang menulis tentang pengalaman saya, apakah pengalaman pekerjaan, kegiatan, atau pengalaman pemikiran saya.

Kembali ke statistik blog diatas, statistik blog memang bisa digunakan sebagai barometer bagaimana pembaca menilai blog ini. Tapi karena blog ini memang blog pribadi (personal blog), saya tidak terlalu terpengaruh akan besar kecilnya jumlah pengunjung atau jumlah komentar. Kalau saya sedang senang menulis dan punya waktu, maka saya akan tulis saja. Soal nanti dibaca orang atau tidak itu terserah kepada pengunjung blog. Saya tetap punya passion, agar blog ini semakin disenangi banyak orang. Karena itu saya berusaha meningkatkan kemampuan menulis, dan mengembangkan topik tulisan yang lebih menarik. Saya akan menulis yang saya suka dan yang terkait dengan saya.

Saya sempat berpikir kenapa pengunjung blog ini lebih banyak membaca tentang cara mendapatkan anak laki-laki. Apakah karena tulisan itu bisa menjadi referensi dan inspirasi bagi pembaca, atau memang banyak orang yang ingin mendapatkan anak laki-laki. Mungkin keduanya benar, apalagi komentar pembaca tentang tulisan itu memperkaya referensi. Tulisan itu benar-benar pengalaman saya, dan itulah yang saya ungkapkan. Kenyataanya, saya mempunyai dua anak, dan dua-duanya laki-laki. Jadi kalau ada yang ingin mempunyai anak laki-laki, tidak ada salahnya membaca dan mencoba menerapkan apa yang ditulis dan dikomentari disana.

***)

Blog ini hadir sejak Agustus 2007, dan posting tulisan ini, adalah posting ke 775 yang sudah published. Ketika posting ini akan published, sudah ada 123.462 views.  Masih ada beberapa tulisan yang berupa draft, ada yang sudah siap di post, ada yang masih sangat prematur. Produktifitas saya menulis agak menurun belakangan ini, jauh dari keadaan tahun 2009, tahun dimana saya cukup produktif membuat posting. Semoga blog ini semakin indah, itulah harapan saya.

3 thoughts on “Statistik blog

  1. Semoga makin indah amangboru🙂
    Sama, aku juga menurun produktifitasnya di tahun ini.

    Anw 775 tulisan?
    Woow keren
    Ditunggu tulisan2nya ya Amangboru

    Like

    • @Eka: produtifitas menurun karena terlalu sibuk, ya gak apalah, asal tetap masih bisa lanjut…. Kata orang angka bagus perlu diingat sesekali. Di posting ke 1000 nanti, semoga semakin indah….

      Like

Leave a Reply

