Pencuri apel tertangkap BBM

Saya punya keyakinan kuat bahwa Angelina Sondakh memberikan keterangan palsu dibawah sumpah pada perkara suap wisma atlet di pengadilan hari Rabu 15 Februari. Anggota DPR RI dari fraksi Partai Demokrat itu mengatakan kalau ia baru punya Blackberry (BB) pada akhir tahun 2010. Selama berbulan-bulan masyarakat sudah melihat, membaca dan mendengar  cerita transaksi Apel Malang dan Apel Washington antara Angelina Sondakh (Angie) dengan Mindo Rosa Manullang (Rosa). Diberitakan, transaksi apel itu selama ini terjadi lewat Blackberry Mesenger (BBM) antara Angie dan Rosa. Dalam sidang itu M. Nazaruddin menunjukkan foto Angie ditahun 2009 ketika hamil memegang BB, Angie tetap bersikeras bahwa ia baru memiliki BB pada akhir tahun 2010.

Angie tetap mempertahankan penyangkalannya meski pengacara Nazaruddin mengkonfrontir 5 hal berupa keterangan yang diberikan Angie sendiri. Angie menyangkal semua keterangan yang dibeberkan tim pengacara Nazaruddin. Kesaksian Angie itu membuat orang bertanya-tanya, sandiwara apa yang sedang dimainkan Angie. Seberapa nekatpun Angie bersikukuh mempertahankan kesaksiannya, publik dengan mudah meyakini bahwa Angie berbohong di pengadilan.

Pengacara Nazaruddin, Rufinus Hutauruk, dalam suatu dialog di sebuah stasiun televisi sehabis sidang pengadilan itu mengatakan bahwa kelihatannya Angie sedang memainkan sebuah lakon alias acting. Menurut Rufinus, Angie sangat tenang membantah semua bukti-bukti dan pertanyaan yang diajukan tim pengacara Nazaruddin dan juga tidak mengakui foto yang ditunjukkan Nazaruddin. Ketenangan Angie itu menurut Rufinus mengungkapkan kepribadian Angie yang menjadi tanda tanya. Menurut Rufinus, sebelum suami Angie, Adji Masaid meninggal, rumah tangga Angie sebenarnya sudah diambang perceraian. Masih menurut Rufinus, ketika Adjie meninggal, Angie menangis terlihat sangat sedih, seolah dunia mau runtuh. Tapi 4 hari kemudian setelah penguburan suaminya, Angie sudah berkaraoke di Hotel Borobudur, tak terlihat kesedihan, seperti tidak ada yang terjadi. Jadi menurut Rufinus, Angie mempunyai kepribadian ganda, atau paling tidak sangat jago acting.

Keterangan Rufinus Hutauruk itu disampaikan di televisi pada hari Rabu sore 15 Februari 2010. Saya tidak heran mendengar dan melihat (di televisi) penyangkalan Angie itu. Menurut saya, secara pribadi  Angie pernah membuat penyangkalan yang lebih besar dari pada kesaksiannya di pengadilan suap wisma atlet itu. Soal sangkal menyangkal, Angie nampaknya memang sudah terbiasa.

Seperti diberitakan, transaksi apel antara Angie dan Rosa adalah pemberian uang suap wisma atlet dari perusahaan dimana Rosa bekerja kepada anggota Badan Anggaran DPR melalui Angie. Dalam pemeriksaan KPK dan di persidangan, Rosa mengakui bahwa ia diperintahkan pimpinannya untuk menyerahkan uang suap kepada Angie. Dalam chatting BBM antara Angie-Rosa, yang dimaksud dengan Apel Washington adalah kata sandi untuk Dollar Amerika, sementara Apel Malang adalah kata sandi untuk Rupiah. Konon transkrip chatting keduanya sudah disita KPK.

Pencuri apel Angie, sedang menghadapi persoalan pelik, ia membantah cara kerja teknologi. Menurut saya Angie tidak mengerti prosedur kerja BB, tapi ia berani berbohong tentang BB. Kebohongan Angie itu mudah sekali terbukti dan tertangkap oleh BB. Pada transkrip chatting BBM antara Rosa dan Angie, pasti tertera tanggal terjadinya chatting.  Kalau gadget BB yang digunakan sudah disita sebagai barang bukti, dengan mudah tanggal terjadinya chatting itu bisa ditampilkan.

Mungkin Angie mengira, chatting BBM tidak berbeda dengan sms pada pesawat HP biasa. Dengan pesawat HP biasa, seseorang bisa mengirim message alias sms kepada nomor HP mana saja, meski pengirim sms tidak mengenal si pemilik HP yang dituju. Artinya sipenerima message bisa saja mengatakan bahwa ia tidak mengenal si pengirim message alias sms. Jadi penerima sms bisa membantah bahwa ia menerima sms dari seseorang. Sebenarnya kalau diteliti lebih lanjut, sms yang diterima pasti berasal dari sebuah nomor operator HP. Si penerima sms bisa saja sudah menghapus sms yang masuk  di gadgetnya, tetapi operator HP tetap memiliki rekaman sms itu di database server operator. Dengan perintah polisi atau pengadilan, operator harus memberikan rekaman sms tersebut kepada polisi atau kepada pengadilan.

Chatting pada BBM sedikit berbeda dengan sms. Sebelum dua pihak yang memiliki BB bisa melakukan chatting dengan blackberry messenger, kedua pihak  harus terlebih dahulu connected, alias saling mengkonfirmasi PIN (personal identification number)  BB. Konfirmasi connected itu harus atas persetujuan kedua belah pihak.

Jadi kalau misalnya saya mau chatting BBM dengan Rosa Manullang, terlebih dahulu saya harus tau PIN pesawat blackberry dari Rosa Manullang. Kemudian saya invite Rosa Manullang menjadi teman BB saya. Kalau Rosa tidak mau menyetujui invitation saya, maka saya tidak bisa chatting BBM dengan Rosa. Tapi kalau Rosa Manullang menyetujui atau mengkonfirm invitation saya, maka saya dan Rosa connected dan bisa ber BBM ria. Saya akan bisa melihat profil Rosa yang dibuatnya sendiri di gadget blackberry-nya. Saya tidak bisa mengubah data profil Rosa di BB itu.

Di penyidikan KPK dan pengadilan, Rosa Manullang sudah mengakui bahwa ia melakukan chatting BBM dengan Angie pada tahun 2009. Keduanya melakukan chatting berkali-kali tentang Apel Malang dan Apel Washington. Ketika tampil sebagai saksi di pengadilan, Angie dengan enteng dan tenang mengatakan bahwa ia baru punya blackberry di akhir tahun 2010. Angie sedang melakukan kebohongan dan ketololan besar yang dengan mudah bisa dipatahkan. Para pencuri apel ini sebenarnya sudah tertangkap tangan oleh BBM. Data recorded BBM itu merupakan bukti yang tidak terbantahkan. Tapi di pengadilan Angie masih membantah mempunyai BBM.

Kalau dugaan Rufinus Hutauruk benar bahwa Angie sedang memainkan sebuah lakon, tentu ada cerita yang sesungguhnya. Tugas penegak hukumlah untuk mengungkap cerita yang sebenar-benarnya itu, supaya keadilan ditegakkan, dan para pencuri apel dijatuhi hukuman.

Angie, Angie… kalau mau berbohong, ya sedikit cerdaslah; jangan pertontonkan ketololanmu!

***

Image dari Google

One thought on “Pencuri apel tertangkap BBM

  1. saya juga yakin dia pasti terima duit, tapi tetep keukeuh gak terima….
    tapi yah di indo yah begitulah…….”mengikuti” yang rame jadi benar hehehehheheehehe
    tapi ini perempuan pintar juga berlakon dalam hidup dia🙂

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s