Batik & Bule

Pengguna batik semakin hari semakin luas saja. Orang Indonesia yang menggemari dan memakai batik semakin banyak. Pemakai yang bukan orang Indonesia juga terus bertambah. Apalagi setelah ada himbauan dari Pemerintah agar menggunakan batik pada hari Jumat. Foto disamping adalah seorang bule yang menggunakan batik pada hari Jumat, sewaktu dia sarapan pagi. Saya tidak mengambil fotonya dari depan, kuatir si orang bule tidak suka difoto.

Dari pengamatan saya, kalau hari Jumat, bule-bule yang biasanya hari Senin sampai kamis memakai pakaian biasa (biasanya bule), tapi kalau hari Jumat sekarang sudah menggunakan batik. Kalau ada acara formal maupun semi formal, banyak bule yang sering pakai batik. Foto berikut, ketika saya sedang bincang-bincang dengan bule Australia di Canberra beberapa waktu lalu. Mr. Peter Hamburger memakai batik halus yang baik mutunya. Saya sendiri tidak pakai batik pada waktu itu. Mr. Hamburger adalah mantan Sekjen Kantor Perdana Menteri Australia.

Di kesempatan lain, saya juga ketemu bule yang pakai batik, sementara saya tidak. Tadinya saya pikir acaranya tidak formal, saya santai saja pakai T-shirt. Ternyata si bule malahan yang pakai batik. Sayang foto berikut kameranya kurang baik, sehingga terlihat mata beliau merah, kamera saya tidak disetting untuk menghilangkan red-eyes effect. Aslinya, beliau matanya tidak merah seperti difoto ini.

Jadi, bule sudah sangat familiar dengan batik. Selain bule, orang Asia seperti Jepang, Hongkong, dan China juga sudah gemar pakai batik. Malaysia apalagi, hampir saja Malaysia mengklaim batik berasal dari Malaysia.

Saya jadi terpikir dengan kain tradisional Indonesia lainnya seperti Ulos dari Batak, atau tenun Sumba.  Ayolah sama-sama kita sebarkan pemakaian ulos, biar bisa mengimbangi batik. Ulos tidak kalah indahnya dari batik.

Leave a Reply

