Di atap pulau Jawa

Pa, liburan nanti aku dan teman-teman mau mendaki Gunung Semeru”, begitu Daniel memberi tahu. Ya, dia melaporkan, bukan meminta ijin, jadi saya tidak mungkin melarangnya, walau hati sebenarnya bergolak.  Itu hanya beberapa hari setelah meninggalnya Wakil Menteri ESDM ketika mendaki Gunung Tambora. Bagaimana saya tidak sedikit cemas, apalagi tidak sedikit pendaki Gunung Semeru yang tewas ketika mencoba menaklukkan gunung tertinggi di Jawa itu.

Saya cuma bertanya berapa orang tim mereka ke Semeru, dan setelah mendapat penjelasan lebih banyak dari Daniel, saya akhirnya berkata:

“Hati-hati di jalan, sebelum mendaki, cek dulu kondisi perbekalan dan kondisi cuaca, jangan sombong dan bicara yang tidak baik selama pendakian”. 

Saya hanya bisa berdoa dalam hati, semoga pendakian Daniel dan teman-temannya di Tim STAPALA ke Semeru bisa berjalan lancar. Saya menceritakan rencana pendakian Daniel itu ke mamanya, dia menjadi lebih cemas lagi.

“Gimana nanti pa, kalau mereka kenapa-kenapa”.

Saya berusaha menenangkan istri saya, yang tidak bisa menghilangkan kekuatirannya. Saya bilang mana mungkin saya melarang anak muda itu, mereka sudah merencanakan dengan semua tim. Kita doakan saja supaya mereka dilindungi Tuhan dalam perjalanan itu.

Saya dan istri akhirnya pasrah saja, Sebelum mereka berangkat, saya sempatkan menelpon, katanya mereka sudah di perjalanan ke malang dengan kereta api.

Base camp Danau Ranu Kumbolo, Daniel nomor 2 dari kanan.

Siap-siap menuju puncak Semeru, Daniel nomor 3 dari kiri

Lihatlah, gagahnya Daniel di puncak Semeru

Atap pulau Jawa, menjadi kebanggaan bagi pencinta pendakian. Daniel mengaku, perjalanan 5 hari pendakian (dan turun) adalah hari-hari yang paling capek yang yang pernah ia alami selama ini. Tapi sebanding kan dengan pengalaman dan kepuasannya.

Namanya anakmuda, kalau tidak narsis kan tidak seru, apalagi di puncak Semeru.

Ya, Aku bisa!…

Ya, kamu bisa nak, jangankan tingginya puncak Semeru, kamu bisa mencapai apa saja yang kamu cita-citakan.

Keep working hard and praying hard young man.

Leave a Reply

