By the way, how terrific you are?

Taken from Google

Ini perkara luar biasa! Betul, anda mungkin bertanya-tanya, kenapa saya bilang luar biasa. Karena kata terrific memang berarti luar biasa, hebat, awesome, fabulous, marvellous, atau kata sejenis itu. Kata terrific menggambarkan keadaaan yang lebih dari biasa. Sejatinya kata ini juga bisa diartikan dalam konotasi negatif, artinya menunjukkan kondisi yang luar biasa buruk. It was a terrific accident…. Oopsss… saya tidak bermaksud cerita soal bahasa atau hal linguistik disini. Ini cerita terrific yang lain.

Kata terrific yang artinya hebat itu ternyata juga mengandung makna dan nilai-nilai yang hebat. Kata terrific mempunyai pengertian  yang lain, makna yang jauh lebih hebat, karena setiap huruf dari kata TERRIFIC mempunyai arti sendiri-sendiri. Itulah yang diterangkan oleh Prof. Tamrin Amal Tomagola, guru besar Fakultas Sosiologi Universitas Indonesia. Menurut Tomagola, kata TERRIFIC terdiri dari:

T = Trust, kepercayaan yang diberikan masyarakat kepada birokrasi.

E = Emphaty, suatu perasaan yang kita butuhkan untuk memahami kondisi orang lain, kondisi masyarakat.

R = Responsibility, sikap tanggung jawab yang dibutuhkan seorang pemimpin, terutama, manakala terjadi suatu masalah dalam organisasi atau dalam suatu system.

R = Respect, penghargaan terhadap kehidupan, penghargaan terhadap hak hidup orang lain.

I = Integrity,  arti sederhananya, satunya kata dengan perbuatan,

F = Fairness, keadilan bagi mereka yang lemah, bila keadilan diberikan kepada yang kuat, tidak ada artinya

I = Innovative, keinginan untuk selalu mencari hal baru untuk meningkatkan nilai-nilai kehidupan.

C = Commitment, kemampuan untuk mempertahankan kesungguhan dan kesetiaan.

Bila seseorang atau suatu organisasi mampu menjalankan prinsip TERRIFIC, maka hasilnya memang luar biasa. Bila bangsa Indonesia bisa TERRIFIC, maka bangsa Indonesia bukan saja sejahtera, tapi bermartabat sebagai mahluk yang memberi penghargaan tinggi terhadap kehidupan. Para pemimpin, para birokrat harus selalu berupaya mencapai keadaan  TERRIFIC bekerja dengan cara terbaik, best value, agar martabat diri individu dan bangsa sesuai dengan keinginan Tuhan.

Tugas para pemimpin tidak sederhana, tapi itulah hakikat dari pemimpin, mereka harus mampu membawa orang-orang yang dipimpinnya menuju kondisi TERRIFIC. Para pemimpin berkewajiban untuk mewujudkan TERRIFIC dalam setiap lini kehidupan, termasuk para birokrat.

Menuliskan keinginan untuk mencapai TERRIFIC tidak terlalu sulit, yang paling sulit adalah mempertahankan nilai-nilai itu dalam setiap tindakan dan kegiatan sehari-hari. Orang mudah mengucapkan semua unsur TERRIFIC atau bahkan dengan mudah melafalkan ayat-ayat suci, tapi perbuatan tidak mencerminkan kata yang diucapkan. Tindakan tidak menegaskan apa yang ditulis. Nilai-nilai kehidupan dianggap hanya sekedar simbol dan ritual.

By the way, how terrific you are?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s