Pembuluh darah

Apakah anda sudah pernah berkonsultasi dengan dokter ahli pembuluh darah? Kalau sudah, mungkin uraian berikut taidak berarti bagi anda. Cepat-cepatlah stop membaca tulisan ini. Tapi kalau anda belum pernah berurusan dengan dokter ahli yang satu ini, mungkin tidak perlu juga membaca tulisan ini. Saya kuatir anda tidak menemukan apa yang anda cari, karena saya bukan ahli pembuluh darah. Saya cuma mau cerita secuil saja tentang pembuluh darah.

Hari Minggu lalu, sekitar jam 11 siang,  saya makan masakan vietnam disebuah gerai di pusat perbelanjaan ibukota. Saya tertarik ingin masakan itu, karena kelihatannya agak berbeda dengan masakan yang ada di tempat makan itu, jadi ingin mencoba. Dari segi rasa, tidak ada yang terlalu istimewa bagi saya, biasa-biasa saja, hanya saja ada suatu bumbu yang baunya agak merangsang penciuman, tetapi tetap saya makan juga. Hari itu baru itu saya makan sesuatu, jadi sarapan merangkap makan siang alias brunch.

Selang beberapa jam kemudian, saya merasakan gatal di pangkal jari tangan kiri dan kanan, dan mulai muncul bintik-bintik merah kecil. Malam hari rasa gatal itu makin menjadi, tapi saya biarkan saja, saya pikir ini alergi akibat makanan yang saya santap siang harinya. Saya memang bisa mendapat alergi terhadap suatu makanan, tapi tidak secara spesifik. Kadang alergi terhadap ikan tongkol, tapi lain hari tidak alergi meski makan ikan tongkol. Dan saya termasuk orang yang mempunyai alergi reaksi lambat.

Saya meyakini rasa gatal ini akibat alergi, karena gatal dan bintik merah itu muncul begitu saja di jari-jari saya tanpa ada suatu sebab. Hari itu saya tidak melakukan sesuatu yang bersentuhan dengan penyebab gatal kecuali makanan vietnam yang saya sebutkan tadi. Gatal diakibatkan oleh adanya suatu zat tertentu yang masuk kedalam tubuh saya dan dialirkan melalui pembuluh darah ke bagian jari sehingga terjadi reaksi alergi gatal pada jari-jari saya. Itulah hubungannya dengan judul posting diatas, pembuluh darah. Jauh sekali antara judul dengan isi posting ini, tapi masih ada hubungan, walau memaksa.

One thought on “Pembuluh darah

Leave a Reply

