Membangun kader wisata lingkungan Pulau Tidung

IMG_4973Tidak adil rasanya kalau saya cuma mengkritisi keberlanjutan wisata Pulau Tidung. Kalau cuma mengungkapkan kekurangannya, siapapun bisa, yang diperlukan itu kan bagaimana membenahi supaya wisata di Pulau Tidung bisa berlanjut terus, tidak mengalami kemunduran, malahan semakin maju dan semakin baik. Untuk bisa memberikan masukan, memang harus bisa melihat kondisi yang ada saat ini. Dari kondisi eksisting itu bisa diupayakan perbaikan dan peningkatan di masa datang. Apa yang harus dilakukan, bagaimana melibatkan semua stakeholder supaya bisa dijamin bahwa kualitas wisata  di Pulau Tidung terus meningkat dari waktu ke waktu.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam upaya peningkatan kualitas wisata di Pulau Tidung antara lain adalah faktor konsisi dan situasi masyarakat, kondisi, geografis, infrastruktur, serta sarana pendukung wisata. Saya sengaja menempatkan faktor kemasyarakatan di urutan terdepan, dengan maksud bahwa masyarakat warga pulau Tidung adalah hal yang terpenting dalam peningkatan kualitas wisata di pulau ini.

Masyarakat pulau Tidung harus diberdayakan semaksimal mungkin, sehingga merekalah yang harus mendapatkan manfaat paling besar dari perkembangan wisata di kawasan ini. Masyarakat harus dibangun pemahamannya bahwa wisata harus dilestarikan dan dikelola secara benar agar dapat berkelanjutan, tidak hanya booming sebentar setelah itu merosot dan terpuruk. Untuk membangun pemahanan yang benar kepada masyarakat, perlu diadakan pemberdayaan dan pendampingan secara intensif. Membangun pemahaman masyarakat ini bukan hanya dengan mengadakan sosialisasi atau mengadakan pekan wisata atau sejenisnya.

Untuk meningkatkan pemahaman yang benar tersebut, diperlukan pemberdayaan yang dilakukan secara terencana, sistematis, terukur dan transparan. Untuk itu dibutuhkan beberapa motivator yang bertugas mendampingi warga pulau Tidung untuk merubah pemahaman dan pandangan mengenai pengembangan wisata yang sehat. Mungkin bisa mengadopsi apa yang dilakukan oleh para motivator (MTV) lingkungan di Surabaya. Para motivator yang mempunyai ketrampilan untuk merubah mind-set, bekerja bersama masyarakat.

Motivator harus punya ketrampilan melatih masyarakat merubah perilaku. Motivator ini harus menjalani pelatihan khusus tentang bagaimana merubah perilaku masyarakat. Motivator harus mengerti dan menguasai  ketrampilan pemberdayaan masyarakat. Mereka harus bisa merubah seorang yang semula apatis terhadap pengelolaan wisata lingkungan menjadi seorang aktivis wisata lingkungan yang bersemangat. Ilmu merubah perilaku harus dikuasai oleh para motivator.

Salah satu faktor keberlanjutan wisata adalah faktor kebersihan. Saat ini sampah di Pulau Tidung tidak dikelola secara baik dan benar. (lihat foto-foto di postingan ini). Untuk itu masyarakat dari anak-anak sampai orang sepuh harus diajak merubah perilaku tentang pengelolaan sampah. Untuk itu peran motivator diperlukan mengajak masyarakat Tidung dan pengunjung merubah cara pandang pengelolaan sampah. Sampah harus dikelola secara benar agar tidak mengotori pantai dan lingkungan. Motivator melatih masyarakat memilah dan mengolah sampah, dan yang terpenting, motivator menjelaskan kenapa sampah harus diolah. Masyarakat harus diberi pemahaman manfaat dan mudarat sampah dalam jangka pendek dan jangka panjang, terutama dampaknya bagi masyarakat dan pariwisata di Pulau Tidung.

Untuk mendapatkan pemahaman yang baik, diperlukan kerja keras masyarakat dan motivator. Karena itu harus ada pihak-pihak yang mendukung kegiatan masyarakat dan motivator tersebut agar masyarakat bisa menjadi kader wisata lingkungan yang berkualitas. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu harus mampu mendukung motivator dan masyarakat agar masyarakat mempunyai kemampuan sebagai kader wisata lingkungan yang berkelas. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu harus pro aktif mengajak berbagai pihak mendukung pengembangan wisata di Pulau Tidung. Semestinya Gubernur Joko Widodo, Jokowi, dan Wakilnya Basuki Tjahaja Purnama segera memberi perhatian serius pada wisata Pulau Tidung. Pak Jokowi perlu segera menyiapkan motivator yang bekerja full time membentuk masyarakat menjadi kader dan aktivis wisata lingkungan yang bersemangat tinggi.

Pemberdayaan untuk merubah pemahaman menjadi aktivis wisata lingkungan merupakan prasyarat penting bagi pengembangan wisata berkelanjutan, bagi anak-anak pulau Tidung seperti foto dibawah ini.

Anak-anak Pulau Tidung, harapan masa depan

Anak-anak Pulau Tidung, menatap masa depan: “Wisata gilang gemilang”

m

One thought on “Membangun kader wisata lingkungan Pulau Tidung

  1. Benar sekali pak Admin, masa depan pulau tidung adalah di tangan kita bersama. Sungguh sayang sekali jika objek wisata ini padahal sangat indah dan satu-satunya pulau yang merakyat di jakarta.

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s