Celoteh akhir tahun

Jakarta okt 2012 007Menutup akhir tahun 2012 ini banyak sekali cerita, kisah, pendapat, opini dan kegiatan yang kita lakukan selama setahun. Apa yang bisa ditulis sebagai refleksi akhir tahun? Bersyukur atas segala hal, itulah sesungguhnya yang penting dilakukan. Bisa melewati setiap detik dalam setahun ini, tentulah hal yang harus disyukuri. Sebab sebenarnya setiap detik yang telah berlalu adalah anugerah yang diberikan Pemilik Semesta Alam.

Saya merasa diberi banyak, walau jujur ada yang saya inginkan tidak terkabul. Tentulah Tuhan punya alasan tersendiri kenapa ada permintaan kita yang dikabulkan, dan ada yang ditunda, atau bahkan ada yang ditolak. Tapi penundaan dan penolakan tidak boleh menjadikan kita surut semangat. Justru penundaan dan penolakan itulah yang harus dijadikan pemicu keinginan untuk bekerja lebih keras memperjuangkan kehidupan.

Di penghujung tahun ini, saatnya berkontemplasi untuk melihat jejak yang sudah kita buat sepanjang tahun. Kontemplasi untuk merenungkan apakah kegitan dan perbuatan sudah sesuai dengan tujuan yang diinginkan dalam kehidupan. Barang kali tidak perlu perenungan yang sangat konsentrasi luar biasa, karena sebenarnya kita tau apa yang kita lakukan selama ini. Cuma sekedar melihat ke belakang, apakah saya sudah bekerja dengan yang terbaik, apakah saya sudah melayani dengan yang terbaik, apakah sudah mencintai dengan setulusnya. Kita semua tau jawabannya. Semoga kita bisa memetik manfaat dari semua kejadian itu. Itulah celoteh akhir tahun 2012.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s