20 tahun sudah saya berinternet ria

Makati 09320 Tahun sudah saya ikut nimbrung berintenet ria. Bukan waktu yang sedikit. Posting tulisan saya di internet pada bulan Januari  tahun 1993 masih bisa ditelusuri berkat bantuan Oppu Google.  Itu adalah posting saya 20 tahun lalu, dan sekarang dihimpun dalam Group Google. Diskusi di group internet jaman itu banyak juga pesertanya. Tentu saja format media sosial pada 20 tahun lalu masih sangat sederhana belum seperti jaman Facebook dan Google Plus sekarang. Waktu itu kalau mau kirim posting harus melalui email ke suatu alamat group diskusi di internet. Kala itu sejumlah orang Indonesia membentuk forum atau group  alt.culture.indonesia. Sudah tentu saya tidak faham bagaimana kerumitan merancang group itu. Yang saya tahu cuma mengirimkan email ke suatu adress, lalu tulisan muncul di group tersebut.

Tahun 1993 itu, saya menggunakan email silaba@ccu.umanitoba.ca, sekarang akun itu sudah tidak aktif. Pada waktu itu perbincangan di group Indonesia itu tidak kalah serunya dengan diskusi-diskusi sempit yang terjadi sekarang. Ketika itu yang sering mendapat tanggapan adalah diskusi tentang rasial dan keagamaan. Pro dan kontra dalam diskusi saat itu sedemikian besar yang kadang-kadang bisa mengesalkan pembaca, vulgar, rasialis, bahasanya kasar, saling menyalahkan, dan menganggap dirinya sendiri yang benar, seperti yang bisa dijumpai di sejumlah blog dan media sosial sekarang.

Sejalan dengan perkembangan teknologi, format internet berkembang luar biasa.  Sekitar 1995-1996, saya menggunakan email berbayar melalui jasa provider. Akun email saya togarsilaban@indo.net.id  banyak membantu tugas-tugas berhubungan dengan mitra kerja di berbagai pelosok dunia. Sekarang email itu sudah almarhum, terutama sejak saya menggunakan email gratisan berbasis web seperti Yahoo dan Google.

Kehadiran browser membantu perkembangan internet. Sekitar 1995-1996 itu saya mulai menggunakan browser Netscape. Browser Internet Explorer yang dikembangkan Microsoft kemudian secara perlahan menggusur Netscape. Lahir pula Mozilla Firefox, yang kemudian disusul oleh beberapa browser lainnya termasuk Google Chrome.

Pada sekitar tahun 2000 – 2006 an mulai muncul sejumlah situs internet dan media sosial. Wikipedia mulai merambah dunia pada tahun 2001.  Sebelumnya Larry Page dan Sergey Brin memperkenalkan Google di tahun 1998.  MySpace menyusul pada tahun 2003. WordPress diinisiasi oleh Matt Mullenwerg, di tahun 2003. LinkedIn juga direlease pada tahun 2003. Mark Zukerberg pertama kali melaunching Facebook pada tahun 2004. Kemudian  Jack Dorsey memperkenalkan Twitter pada tahun 2006.

Sekarang baru saya ingat, ternyata saya juga ikut menggunakan semua fasilitas website diatas, meski tidak menggunakannya diawal pengenalan website itu.  Saya baru menggunakan WordPress di awal tahun 2007, sementara Facebook saya pakai pada tahun 2008. Saya sudah lupa kapan persisnya saya mulai menggunakan Google. Semua fasilitas internet itu terus mengembangkan fitur masing-masing sampai kondisi sekarang ini. Saya sudah tidak bisa menggunakan akun MySpace, karena saya sudah lupa userid dan password nya.

Di awal tahun 2013 ini saya coba lihat tingkah polah saya selama beberapa tahun ke belakang di internet dan di media sosial.  Seberapa lama sudah saya ikut-ikutan di internet, apa yang saya tulis, apa yang saya komentari dan dimana saja jejak-jejak saya. Posting ini akan saya lanjutkan dengan pengalaman-pengalaman saya menggunakan internet dan media sosial. tersebut.

2 thoughts on “20 tahun sudah saya berinternet ria

Leave a Reply

