Welcome to the club!

anatomi jantungIni bukan klub dugem atau klub sepakbola, tapi komunitas orang pengidap penyakit jantung. Ya, secara resmi saya dinyatakan oleh dokter spesialis jantung mengidap penyakit jantung koroner, bahasa hebatnya, atherosclerosis. Ya, serangkaian pemeriksaan menyatakan hal itu. Secara tidak resmi, saya sudah lama mengidap penyakit jantung  koroner. Sebab sesungguhnya tidak ada orang yang tiba-tiba mengidap penyakit jantung. Proses terjadinya penyakit jantung melalui waktu yang cukup lama, tidak dalam waktu sebulan atau dua, melainkan mungkin bisa beberapa tahun. Saya meyakini hal itu setelah apa yang saya alami.

Awalnya saya tidak mengira kalau saya mengidap penyakit jantung. Saya tidak merokok, dalam beberapa pemeriksaan tekanan darah, tensi saya normal, atau lebih rendah dari normal, kadar gula dalam darah juga normal. Berat badan saya tidak terlalu berlebih, di usia lebih 50 tahun dan dengan tinggi badan 165, berat badan saya 67 kg. Itu artinya saya hanya kelebihan 2 kg dari berat ideal. Saya juga bukan orang yang mudah stres, kalau tidak mau mengatakan sulit stres, karena saya biasanya easy going dalam menghadapi berbagai persoalan hidup. Saya menganut prinsip hidup positive thinking, tidak ngoyo. Karena itu boleh dibilang saya tidak mudah stres.

Satu-satunya faktor yang mendukung adalah kadar kolesterol darah yang diatas normal. Sejak beberapa tahun silam, kalau saya periksa kolesterol, hasilnya sering menunjukkan diatas normal. Setelah tau kolesterol tinggi, saya mengontrol makanan dengan mengurangi makanan yang berlemak. Tetapi saya tidak secara total mengharamkan makanan berlemak seperti misalnya pisang goreng, daging empal, sesekali masih mau makan eskrim. Sesekali saya makan obat penurun kolesterol seperti atorvastatin, tetapi konsumsi obat tidak mengikuti aturan dokter.

Semula saya mengira dengan mengurangi konsumsi makanan berlemak, maka kadar kolesterol akan turun menjadi normal. Tetapi perkiraan saya ternyata tidak benar.

Gejala penyakit jantung koroner sebenarnya bisa dideteksi sejak dini, kalau kita benar-benar memperhatikan tanda-tanda yang terjadi pada diri kita. Tetapi gejala penyakit jantung tidak mudah dibedakan dengan gejala penyakit lain.  Bahkan banyak orang mengira bahwa gejala yang dialaminya bukanlah gejala penyakit jantung.

Secara umum gejala penyakit jantung adalah mudah capek, keringat dingin, sesak nafas, nyeri dada, susah tidur. Gejala seperti ini bisa dialami orang yang tidak mengidap penyakit jantung. Ketika pulang kantor saya merasa capek, saya pikir itu hal yang wajar, karena umur saya sudah lebih dari 50 tahun. Capek di sore hari saya anggap wajar. Ketika saya pernah mengalami nyeri di bagian dada, saya pikir itu karena masuk angin.  Gejala yang terjadi tidak terlalu sering, jadi banyak orang termasuk saya tidak menyadari bahwa penyakit jantung sedang mengintai.

Beberapa tahun lalu saya pernah mengalami nyeri dada, terjadi hanya dalam hitungan detik. Setelah itu tidak terasa apa-apa. Saya pernah mendengar kalau nyeri dada adalah gejala penyakit jantung, tapi kalau terjadi secara insidentil dan hanya terasa sekitar 3 detik, ketika itu saya pikir terlalu berlebihan kalau itu gejala penyakit jantung. Rasa nyeri yang kedua  muncul lagi lama setelah yang pertama, yang kedua juga terjadi dalam hitungan detik, jadi saya tidak cemas. Sekarang saya meyakini kalau rasa nyeri dada yang terjadi beberapa tahun lalu itu sebenarnya adalah sinyal awal yang menyatakan bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada pembuluh darah koroner.

Waktu berlalu, saya tidak terlalu merisaukan gejala penyakit jantung. Apalagi dalam banyak hal, saya biasanya positive thinking. Tau-tau sekitar bulan September 2012, terjadi tanda-tanda yang lebih nyata. Siang itu saya berjalan kaki sejauh kira-kira 400 meter dari tempat kost anak saya menuju tempat parkir mobil. Sesampainya di parkiran, dada saya terasa nyeri, dan saya merasa tidak kuat untuk berjalan, saya juga bekeringat lebih banyak dari biasanya. Kemudian saya berhenti dan duduk beristirahat di bawah pohon di tempat parkir. Setelah beberapa menit istirahat, saya merasa agak enak dan kemudian bisa masuk mobil dan kembali menyetir.

Beberapa waktu sejak kejadian di tempat parkir mobil itu, saya kemudian mengikuti medical check-up. Diantaranya pemeriksaan darah, yang menunjukkan kadar kolesterol total = 259, jauh diatas normal.  Hasil treadmill menunjukkan bahwa ada tanda-tanda positif penyakit jantung, karena itu direkomendasikan segera konsultasi ke ahli spesialis penyakit jantung.

Atas dasar hasil medical check-up itu saya konsultasi ke dokter spesialis jantung di rumah sakit terkenal di Jakarta. Dokter spesialis jantung menginterpretasikan grafik hasil treadmill, dan menyatakan bahwa saya positif mengidap penyakit jantung koroner!  Welcome to the club!

Tahapan selanjutnya saya harus menjalani pemeriksaan lanjutan untuk menentukan tindakan medis menanggulangi penyakit saya. Pemeriksaan berikutnya adalah echocardiogram dan catheterisasi. Sementara itu saya diberi beberapa obat antara lain, simvastatin 10 mg, concor (bisoplorol flumarat) 2,5 mg , aspilet 80 mg, hyperil tablet 5 mg, dan cedocarb 5 mg.

3 thoughts on “Welcome to the club!

      • perkenalkan nama saya ridwan abdullah saya penderita jantung koroner sudah menjalani operasi bypass dan sudah pasang stent 2 titik sekedar berbagi saja sekarang saya mengkomsumsi obat dokter seperti crestor 40mg , ezetrol 10mg, triatec 5 mg , herbesser 30mg, hapsen 5mg , cardismo 20mg,miozidine, dan dibantu dengan meminum ramuan jamur kuping hitam putih dan angco untuk penyumbatan pembuluh darah di jantung dan syukur kepada tuhan saya merasakan badan seperti ringan saya senang bisa berbagi dengan pak togar salam sehat selalu

        Like

Leave a Reply

