Toilet cerminan kantor publik

IMG_20130823_150429Kalau anda berkunjung ke salah satu kantor instansi pemerintahan, dan karena “panggilan alam”, anda terdesak harus pipis, mau tidak mau anda harus ke toilet untuk melepas tekanan dari dalam tubuh. Ketika berada di toilet, apakah anda memperhatikan kondisi toilet, ya kebersihan, ketersediaan air, ketersediaan peralatan, apakah itu kloset, urinoir atau ember atau perlatan lain yang diperlukan di sebuah kamar mandi alias toilet. Apakah keseluruhan kamar mandi itu cukup memadai, atau sebaliknya kondisinya justru sangat buruk, kotor, bau, keran bocor atau air tidak mengalir.

toilet-kotorDari pengalaman saya di berbagai kantor instansi pemerintah di tingkat pusat maupun daerah, pada umumnya kondisi toiletnya sangat memprihatinkan. Kebanyakan selain kotor, airnya juga tidak lancar atau bahkan tidak mengalir, bau pesing menyambut di pintu kamar mandi. Saya lebih sering menemukan toilet seperti gambar di kanan ini ketimbang toilet seperti gambar diatas. Tidak jarang saya terpaksa menahan tekanan dari dalam tubuh, tidak jadi pipis, daripada masuk ke kamar mandi yang jorok dan bau. Daripada pipis di toilet jorok, saya lebih memilih mencari tempat yang lebih jauh tapi lebih bersih, sembari menahan pipis.

Memang ada beberapa instansi pemerintah yang memperhatikan toilet dengan baik. Toiletnya terawat dan bersih. Gambar toilet diatas adalah toilet di kantor saya yang sekarang. Urinoir di kamar mandi selalu bersih karena dibersihkan secara teratur, air lancar mengalir, dan ada petugas yang rajin membersihkan. Toliet di kantor saya sekarang ini kebersihannya sudah setara dengan hotel bintang 4. Kalau saja toilet di kantor saya dilengkapi dengan fasilitas pengharum ruangan, maka boleh jadi kebersihan hotel bisa kalah dibanding toilet kantor kami ini.

Petugas kebersihan direkrut khusus secara outsorcing untuk menjaga kebersihan ruangan termasuk toilet. Petugas ini dikontrak oleh sebuah perusahaan yang berhasil memenangi tender sebagai perusahaan jasa kebersihan kantor. Saya tidak tau persis berapa besar petugas itu dibayar setiap bulannya, tentulah ia dibayar layak sehingga cukup rajin bekerja dari pagi sampai sore.

Di instansi tempat saya bekerja dulu, jasa kebesihan kantor juga dilayani oleh sebuah perusahaan jasa kebersihan. Petugas untuk membersihkan ruangan dan toilet juga ada, tapi kebersihan ruangan dan toilet tidak begitu baik. Toilet kantor saya yang dulu, airnya mengalir lancar, tapi kebersihan toilet tidak terjaga. Kalau boleh menilai, kebersihan kantor saya yang dulu cuma 5,0 (skala 1-10).  Saya tidak tau berapa perusahaan jasa kebersihan dibayar, karena urusan kontrak dengan perusahaan jasa kebersihan tersebut ada di Bagian Umum. Bagian inilah yang melakukan pengadaan jasa kebersihan.

Kalau saya perhatikan kebersihan toilet di beberapa kantor dimana saya pernah bertugas dan di kantor pemerintah lainnya, ada semacam kecenderungan yang sama. Toilet kantor pemerintah pada umumnya tidak baik. Sesungguhnya kantor-kantor pemerintah umumnya sudah menggunakan jasa kebersihan dari perusahaan swasta. Dengan mengontrak perusahaan swasta yang khusus di bidang jasa kebersihan kantor, semestinya toilet di kantor-kantor pemerintah bisa bersih kinclong. Tetapi karena proses pengadaan jasa kebersihan itu bermasalah,  sarat dengan permainan dan penyelewengan, maka perusahaan jasa yang didapat juga juga tidak baik. Ujung-ujungnya kebersihan toilet akan menjadi “seadanya”.

Karena itu saya beranggapan, kebersihan toilet di kantor merupakan cerminan praktek manajemen secara keseluruhan di kantor itu. Apakah pengelolaan kantor bermasalah, tidak transparan, tidak akuntabel, maka itu akan tercermin dalam kondisi toiletnya. Kebersihan toilet bisa dijadikan tolok ukur kondisi kantor.  Kalau toilet di kantor tidak bersih, kemungkinan besar praktek-prakten kolusi dan korupsi masih subur di kantor itu. Kebersihan toilet kantor bisa jadi indikator dari manajemen kantor yang amburadul dan orang-orang yang juga semrawut.

One thought on “Toilet cerminan kantor publik

  1. Dear Pak Togar,
    Boleh tau kah nama Perusahaan outsorcing nya apa? Perusahaan tempat saya kerja sekarang kurang terjaga kebersihan lingkungannya dikarenakan ” office Boy ” yg bertugas bukan lah dr outsorcing cleaning service.

    Like

Leave a Reply

