Dikerjain Agan Harahap?

agan harahap edition-1Abraham Samad, ketua KPK itu sedang menjadi omongan orang banyak, di cafe, di warung tegal sampai di sosial media. Pasalnya “foto mesra” Abraham dengan putri Indonesia 2014. Orang dengan cepat mengatakan kalau foto itu adalah hasil editan untuk mendiskreditkan Abraham Samad maupun KPK secara keseluruhan. Berbagai pendapat bermunculan tentang foto itu berseliweran, mulai dari komentar murahan sampai  yang teknis membahas pekerjaan orang iseng tersebut. Saya juga punya pengalaman dikerjai orang. Foto acara keluarga saya yang diunduh ke internet diedit sedemikian rupa seperti gambar disamping ini. Foto disamping ini jelas-jelas hasil editan, link nya ada di sini. Konon yang mengedit adalah Agan Harahap, yang di instagramnya mengaku  sebagai orang jujur, sederhana dan apa adanya. Entahlah, kalau ia benar-benar jujur, sederhana dan apa adanya. Soalnya keisengannya mengerjai orang cukup banyak.

Pertama kali melihat foto editan diatas, dari kiriman seorang teman. Ketika melihatnya, terus terang saya merasa jengkel, karena foto keluarga kami dikerjain orang. Waktu dikirim, tidak disertakan dari mana dia mendapatkan foto itu, tidak ada linknya. Meski jengkel, saya diamkan saja.

Bulan lalu, seorang teman lain menunjukkan foto itu kepada saya melalui smartphone nya, lengkap dengan link instagram. Dari situ saya baru tau kalau kemungkinan foto itu diedit oleh Agan Harahap, karena di akun instagram itu banyak foto lain yang juga adalah hasil editan.  Dan begitulah asal mulanya, foto asli nya saya upload pada awal tahun 2010, kemudian di edit, dan published di instagram Agan Harahap pada bulan Maret 2014.  Foto keluarga saya yang dikerjain tertulis sebagai berikut:

 “Setelah kenyang makan lomok2, dia pun berkata dengan terbata2: “Horas jala gabe ma di hita saluhutna!” Dan ia mulai menari Tor-tor dengan penuh improvisasi..”

Ada yang bilang, “sibirong” yang di foto editan itu selebriti, tapi saya tidak tau namanya, dan tidak tau asalnya. Agan Harahap ini memang banyak menyisipkan foto selebriti di hasil kerjanya. Ada foto Angelina Jolie diciduk polisi, ada Bratt Pittt sedang pakai kopiah, ada juga foto Ahok Basuki Tjahaja Purnama sedang ceria dengan Ketua FPI.

Ketika melihat-lihat foto-foto diinstagram Agan Harahap itu, saya cuma bisa mesem-mesem sendiri. Foto-foto lainnya bahkan lebih konyol dan lebih “ganas” dalam mengerjai orang. Lihatlah misalnya seperti foto dibawah ini.

Agan Harahap edition

Foto editan diatas, foto Pak SBY dikerjain habis-habisan. Foto Pak SBY itu saya ambil dari link ini. Melihatnya saya cuma senyum aja.

Foto keluarga diatas diedit tanpa sepengetahuan saya dan semua anggota keluarga. Aslinya foto itu adalah ketika acara ulang tahun ibu saya. Foto asli dari editan itu adalah yang dibawah ini, tapi kemudian dibalik oleh pengeditnya. Aslinya, tidak ada penari di latar depan.

agan harahap asli

Foto asli itu ada di link ini. 

Jadi kalau foto editan dan foto yang asli dibalik dan dijejerkan, jadinya seperti ini.

agan asli-2.jpg

Sudut lain dari kegiatan di foto itu adalah seperti dibawah ini.

oppung ultah

Jadi tidak berlebihan kalau saya sebut Agan Harahap mengerjai banyak orang termasuk keluarga saya.

Rangkaian foto ulang tahun ibu saya ada di link berikut ini.

2 thoughts on “Dikerjain Agan Harahap?

  1. Horas bang,

    Pertama-tama saya mau minta maaf karena sudah ‘meminjam’ foto abang untuk saya jadikan karya. Maklum saja, sebagai orang Batak yang berdomisili di Bantul, saya agak kesulitan untuk menyaksikan dan memotret pesta adat Batak untuk bisa saya jadikan karya. Foto itu merupakan salah satu dari rangkaian serial foto yang berjudul ‘Visit Indonesia 2014″‘ (Mungkin abang bisa cek disini : https://www.behance.net/gallery/16427589/Visit-Indonesia-2014).

    Adapun tujuan saya membuat serial itu dan mempostingnya di Instagram ialah untuk merespon keseharian kita di Indonesia, sekaligus ‘menyentil’ kebiasaan-kebiasaan pengguna smartphone camera yang bisa dengan ‘brutalnya’ mengunggah foto mereka dan sekaligus mengekspos eksistensi diri mereka secara berlebihan di berbagai jejaring sosial media.

    Tentu saja, saya sama sekali tidak ada maksud untuk menghina ataupun menjelek-jelekkan adat kita maupun keluarga abang dengan menempatkan ‘si birong’ di foto keluarga abang. Adapun ‘si birong’ tersebut adalah 50 Cent, penyanyi rap terkenal dari Amerika.

    Serial ‘Visit Indonesia 2014’ sudah dipamerkan di Galeri Nasional Indonesia dalam pameran MANIFESTO #4 tahun 2014 kemarin, dan masih dipamerkan di Singapore Art Museum dalam pameran After Image – Still Moving: A Triple Bill on the Image.

    Mungkin Abang bisa cek disini:
    http://galeri-nasional.or.id/newss/423-pameran_besar_seni_rupa_indonesia_manifesto_4_2014
    http://www.singaporeartmuseum.sg/events/special_events.html

    Demikian kiranya bang, sekali lagi saya minta maaf karena telah ‘meminjam’ foto keluarga abang untuk saya jadikan karya.

    Hormat saya,

    Yohanes Paganda Halasan Harahap
    (Agan Harahap)

    Liked by 1 person

  2. Horas Bung Agan Harahap,
    Terimakasih atas klarifikasinya yang cukup lengkap. Saya bisa memahami hasil karya mu, dan kemudian bisa menikmati karya yang ada di galeri behance.
    Teruslah berkarya yang lebih cemerlang sampai mimpi-mimpimu jadi kenyataan.
    Syukur-syukur engkau sesekali sempat memberi notifikasi kepada mereka yang kebetulan jadi obyek hasil karyamu.

    Mauliate, mejuah-juah.
    TAS

    Like

Leave a Reply

