Revolusi Mental

revolusi mentalIni tema besar yang diusung oleh Pemerintahan Jokowi-JK 2014-2019. Tema itu tertuang jelas dalam NAWACITA, dokumen resmi janji kampanye Jokowi – JK sewaktu kampanye Pilpres. Revolusi mental dicetuskan oleh Jokowi, kala ia masih menjabat sebagai Gubernur DKI dan sudah dalam proses pencalonan menjadi Calon Presiden. Jokowi merasa galau dengan kondisi bangsa Indonesia yang dinilainya memerlukan revolusi agar maju menjadi bangsa yang besar, mandiri, berdaulat dan bermartabat tinggi. Kegalauan Jokowi dituangkan dalam sebuah tulisan yang dimuat di harian Kompas. Begitu dipublikasikan melalui Kompas, ide Revolusi Mental menggelinding menjadi ide besar yang mendapat respon dari banyak pihak.

Ditengah keramaian persiapan dan kampanye Pilpres 2014 itu, beberapa orang kemudian bersepakat untuk menuangkan ide itu menjadi sebuah buku yang merangkum berbagai sudut pandang tentang revolusi mental. Saya diajak untuk memberikan kontribusi dalam penyusunan buku Revolusi Mental, dimana tulisan Jokowi di harian Kompas kemudian menjadi bagian penting dari buku itu.

Saya diminta mengulas revolusi mental untuk birokrasi. Bagian dari buku yang ditulis bersama itu yang menjadi bagian tulisan saya. Bagian itu bisa dilihat di page berikut.

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s