Enerji Gasing versus Enerji Tata Surya

gasinganWaktu kecil dulu saya suka main gasing yang saya buat sendiri dari kayu. Bentuknya kurang lebih seperti pada gambar di sebelah ini, kasar, tidak simetris, tidak terlalu baguslah. (Foto gasing di sebelah diambil dari sini). Maklum saya membuat gasing hanya dengan mermodalkan satu pisau, dan paku yang kemudian ditancapkan pada bagian ujungnya. Senar untuk menggulung gasing kami buat dari bahan bekas karung goni yang mempunyai serat. Jadi ketika menggulung, talinya tidak melorot. Bermain gasing dengan kawan sebaya pada masa itu merupakan permainan yang mengasikkan. Gasing siapa yang bisa lebih berputar lebih lama, itu dianggap jagoan. 

Setiap kali memainkan gasing, lintasan putaran gasing selalu berubah-ubah dari lintasan sebelumnya. Kita hampir tidak bisa membuat lintasan perputaran gasing sama dengan lintasanyang telah dijalani. Berbedanya lintasan perputaran gasing disebabkan perbedaan enerji dan arah yang terjadi ketika gasing dimainkan. Hentakan tangan yang menghasilkan enerji untuk memutar gasing nyaris tidak pernah bisa menyamai dengan hentakan sebelumnya, sehingga enerji yang timbul juga tidak bisa sama. Akibatnya, putaran dan lintasan gasing juga tidak mungkin sama dengan sebelumnya.

GASING SAMBAS

Gasing yang saya buat sewaktu kecil dulu, berputar paling lama 1-2 menit. Itu karena bentuk yang tidak simetris dan kasar. Gasing yang bentuknya bagus, simetris dan halus akan lebih lama berputarnya. Hal itu disebabkan karena gesekan udara dengan gasing sangat kecil. Gasing yang kasar, tidak simetris akan sangat cepat berhenti berputar karena gesekan udara dengan gasing cukup besar, jauh lebih besar dari gasing yang halus.

Akan tetapi seberapa haluspun dan meski gasing dibuat sangat simetris, gasing tak dapat berputar dalam waktu yang cukup lama. Kalau bisa berputar dalam waktu 5 menit, itu sudah cukup lama. Apalagi kalau gasing bisa berputar selama 10 menit, itu pasti gasing yang luar biasa. Hal itu disebabkan karena sifat kelembamam massa gasing dan adanya gesekan dengan udara.

Tapi saya bertanya-tanya bisakah gasing dibuat berputar selamanya dengan kecepatan perputaran yang konstan, tak berubah sama sekali? Adakah enerji gasing yang bisa memutar gasing bertahan selamanya?

Saya mempertanyakan hal itu ketika berpikir tentang sistim tata surya bumi dan planet-planet lain yang berputar mengitari matahari. Matahari kita mempunyai 9 planet, Mercury, Venus, Bumi (Earth), Mars, Jupiter, Saturn, Uranus, Neptune, dan Pluto (walau ada sejumlah lembaga sekarang tidak menganggap Pluto sebagai sebuah planet). Planet-planit tersebut berputar mengelilingi matahari pada lintasan orbit yang tetap. Planet bumi, selain berputar mengelilingi matahari, bumi juga berputar pada sumbunya.

 

planet di tata surya

(Foto tata surya diatas diambil dari sini)

Perputaran gasing mirip dengan perputaran bumi. Gasing berputar pada sumbunya, pada saat yang sama gasing juga bergerak membuat lintasan, demikian juga halnya bumi. Bedanya gasing membuat lintasan tak beraturan, dan putaran pada sumbunya semakin lama semakin melambat. Sebaliknya bumi berputar pada sumbunya dengan perputaran yang konstan sepanjang masa, dan jalur orbitnya selalu tetap.

Kalau membuat gasing berputar selama 60 menit saja hampir tidak mungkin, bagaimana bumi bisa berputar dengan konstan selamanya? Enerji apa yang sedemikian besar yang bisa memutar bumi? Sistem apa yang mengatur bumi sehingga mampu berputar secara konstan selamanya dan mengelilingi matahari pada lintasan orbit yang tetap.

Bayangkanlah misalnya hari ini bumi berputar lebih lambat dua menit saja dari hari kemarin, maka akan ada kekacauan besar di bumi. Sistem waktu dan jam akan berubah besar. Komputer di seluruh dunia akan kacau, bisa jadi pesawat terbang yang akan mendarat di landasan juga akan bisa bertabrakan karena waktu yang kacau. Keseimbangan alam juga mungkin akan berubah drastis kalau perputaran bumi hari ini melambat beberapa menit dari hari kemarin.

Bayangkan juga kalau lintasan orbit bumi berubah-ubah seperti lintasan gasing. Bisa jadi akan akan ada tabrakan antar planet dan antara planet dengan meteor dan bulan. Sistim tata surya akan kacau. Membayangkan tabrakan antar planet yang ukurannya sedemikian besar, akan terjadi kehancuran planet yang sangat luar biasa mengerikan. Tidak mungkin bisa dibayangkan.

Tapi semua tabrakan antar planet itu tak terjadi sejak matahari, bumi dan planet-planet lain diciptakan jutaan tahun yang lalu. Sistem tata surya telah berlangsung jutaan tahun dengan pergeseran yang nyaris tidak ada.

Saya percaya ada suatu kekuatan yang mengatur enerji tata surya yang demikian luar biasa besar. Ada akurasi sistem enerji yang sangat tinggi. Pertanyaanya, siapa yang mengatur semua ini. Satu-satunya jawaban yang logis yang bisa saya temukan adalah bahwa itu semua diatur oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Tidak ada penjelasan logis lain yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas. Siapa yang mampu menciptakan sistem yang demikian sempurna di tata surya.

Maha puji bagi Tuhan Semesta Alam, terpujilah Dia di tempat Yang Maha Tinggi. Berkatilah kami manusia yang sangat kecil ini ya Allah Maha Besar, kasihilah kami ya Yesus Yang Maha Kasih. Damailah manusia di bumi.

 

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s