Mungkinkah Nantinya Hidup Tanpa Google?

Saya masih belum bisa membayangkan bagaimana Google menguasai kehidupan manusia 10 tahun dari sekarang. Kemana Google dengan Alphabet nya akan mengembangkan diri sekaligus mengendalikan kehidupan orang.  Membandingkan dengan apa yang terjadi 10 tahun lalu, dimana telepon genggam hanya berfungsi untuk text & voice, apa yang ada sekarang pada smartphone sungguh sangat jauh berbeda. Kayalan dan perkiraan saya tidak mampu lagi memprediksi seperti apa teknologi digital (terutama smartphone) di tahun 2023,  apalagi di tahun 2027.

Sekarang saja Google sudah bisa memperkirakan ( dan “menguasai“) sebagian dari kehidupan saya. Data pribadi saya sudah sangat banyak yang disimpan Google. Misalnya, di mana rumah dan kantor saya, lewat mana saya biasanya kalau dari rumah mau ke kantor. Ke mana saya bepergian, data dan foto keluarga saya juga sudah banyak tersimpan di Google. Apa kebiasaan, hobby, dan makanan kesukaan saya, datanya ada di Google, lengkap dengan foto dan tanggal kejadian. Semua data itu didapatkan Google secara gratis.

Saya memang banyak menggunakan produk Google, mulai dari Android, Google Mail, Google Search, Google Maps, Google Calendar, dan Chrome, semua ini saya gunakan setiap hari. Kadang-kadang saya juga pakai Play Store (Google), Google Plus, Google Drive, dan Youtube. Produk Google yang lain jarang saya pakai. Produk Google memang banyak membantu saya, tapi pada saat yang sama Google mendapatkan data diri saya secara gratis pula. Data itu dihimpun sedemikian rupa secara sistematis, sehingga saya semakin tergantung pada Google. Data tentang diri saya sudah banyak yang di capture dan disimpan Google. 

Kemampuan Google menangkap dan menyimpan data diri saya, terbukti dari Google Ads yang selalu muncul di layar komputer dan smartphone saya. Iklan yang ditawarkan kira-kira sangat dekat dengan kebiasaan saya sehari-hari. Iklan yang muncul berkaitan dengan informasi apa yang saya cari di Google Search, atau lokasi yang saya cari di Google Maps. Google sudah merancang sedemikian rupa supaya iklan di Google menjadi personalized, tepat sasaran, sesuai dengan yang membutuhkan.

Google mempekerjakan orang-orang pintar dari seluruh dunia untuk mengembangkan Google Groups supaya semakin hebat dan semakin besar, semakin menancapkan gurita nya di seluruh aspek kehidupan manusia. Selain mengembangkan perangkat lunak, setiap hari Google membangun dan menambah server yang cukup besar, supaya dapat mengelola data dari seluruh dunia. Saya tidak bisa membayangkan seperti apa besarnya server Google hari ini. Maka tidak heran kalau suatu waktu kelak, saya jadi “budak” dari Google, karena saya hampir tidak mungkin lagi melepaskan diri dari cengkeraman Google. Kalau hal itu terjadi pada saya, itu berarti bisa juga terjadi pada hampir semua orang.  Luar biasa kan!

Bayangkanlah kalau suatu hari nanti Google melakukan merger dengan Facebook, Amazon, dan Paypal. Mereka akan menjadi suatu perusahaan mega raksasa dunia. Dan mereka akan menjadi penguasa dunia, menguasai individu di planet ini. Hampir dapat dipastikan, tidak ada lagi perusahaan manapun di dunia ini yang mampu mengalahkan Google dan kawan-kawannya. Kalau sudah pada tahap ini, tanpa berbuat banyak pun, perusahaan lain mungkin akan berguguran.Yang sering terjadi adalah bahwa perusahaan besar menjadi predator bagi perusahaan kecil. Semua yang kecil akan habis dilibas oleh Google sampai menyerah.

Informasi manusia secara individu sudah akan dikuasai dan dikelola Google dan temannya. Data yang dihimpun Google dan Facebook akan bisa mendikte kehidupan orang per orang. Bukan kita lagi yang mengelola data diri kita, tapi Google yang akan “mengatur” data diri individu. Pada akhirnya Google akan mengendalikan para penggunanya. Waooo,…. kalau itu terjadi, kita manusia hanya akan jadi boneka nya Google. Saya melihatnya sebagai suatu hal yang sangat mengerikan……

Leave a Reply

