Daniel

PIC_1047
Lama ditunggu kehadirannya, hampir 3 tahun penantian dari tahun 1989, dan dengan upaya yang tidak sedikit, akhirnya Daniel lahir, ditengah keluarga. Setelah Maya mengalami keguguran di bulan-bulan pertama pernikahan, kehamilan berikutnya seolah tidak muncul. Lebih dari dua tahun berusaha, konsultasi ke beberapa dokter ahli kandungan di Jakarta. Terakhir konsultasi ke Dr. Harun Harahap di Jalan Pramuka Jakarta. Metoda yang dipakai Dr. Harun cukup terukur, bertahap dan efektif.

Ketika Maya sedang dalam proses “pengobatan” dengan Dr. Harun, suaminya, Togar juga sedang proses persiapan melanjutkan sekolah ke Canada. Sampai awal bulan April 1991, kehamilan Maya masih “negatif“. Tapi sampai Mei  1991 itu “usaha” dan konsultasi ke Dr. Harun tidak dihentikan. Sesuai jadwal, 31 Mei 1991, Togar harus berangkat ke Winnipeg, Canada, dan tak bisa ditunda.

Dua minggu setelah tiba di Canada, Togar mendapat telepon kalau Maya positif hamil. Antara sedih dan gembira, Togar menerima kabar itu. Sedih, karena Maya tidak bisa ditemani disaat-saat yang penting. Gembira karena upaya untuk hamil akhirnya berhasil. Maya menjalani kehamilannya tanpa ditunggui suami. Nyaris keguguran untuk keduakalinya, Maya harus “bed-rest” selama beberapa bulan untuk mempertahankan kehamilan. Di libur Natal Desember 1991, Togar kembali ke Jakarta untuk menunggui Maya, tapi karena libur tidak terlalu panjang, sore hari tanggal 14 Januari 1992, Togar berangkat ke Winnipeg melalui Singapore-Amsterdam-Toronto-Winnipeg (penerbangan hampir 36 jam!). Ditengah penerbangan papanya itu, Daniel lahir 15 Januari 1992.

Usia 6 bulan Daniel dan mamanya, ikut bapaknya ke Winnipeg Canada mendampingi bapaknya sekolah. Di gereja Epiphany Lutheran Church, Dalhousie Drive, Winnipeg, Daniel dibaptis oleh pendeta Leon Linquist. Daniel hampir tak bisa mengingat kejadiannya.

Semasa balita, Daniel sering sakit, dan punya alergi terhadap banyak makanan termasuk susu sapi. Alergi terhadap antibiotik, terutama golongan Penicillin dan Amoxylin. Syukur setelah hampir berumur 8 tahun sudah semakin kuat dan jarang sakit. Tapi untuk kedua jenis antibiotik tersebut, Daniel harus terus hati-hati supaya tidak sampai repot.

***
Dari TK, SD sampai SMP, Daniel sekolah di Santa Clara di Jl. Ngagel Madya, Surabaya. Setelah selesai dari SMP Katolik Santa Clara, tahun 2007 Daniel meneruskan ke SMA Katolik St. Louis I Surabaya.

Di SMA nya Daniel menjadi anggota paduan suara. Selama mengikuti Padus (Paduan Suara) SMK St. Louis I, Daniel dan kawan-kawan menorehkan prestasi :

  • Juara satu (Medali Emas) Festival Paduan Suara ITB Tahun 2008, kategori Mixed Choir Youth.
  • Champion (Gold Medalist) di International Choral Festival, Penang Malaysia, 4 – 8 July 2009, category Mixed Choir Youth.

Tahun 2010, Daniel meninggalkan Surabaya untuk kuliah di Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN) di Jakarta. Ia mengikuti jejak mamanya yang juga alumni STAN. Kampus di Bintaro yang menjadi tempat Daniel bergabung dengan mahasiswa lainnya. Di kampus ini Daniel ikut menjadi kelompok mahasiswa pencinta alam STAPALA. Sejak bergabung dengan STAPALA, Daniel semakin keranjingan bertualang, ke gunung, pantai, dan arung jeram.

Sejak Oktober 2011, Daniel bikin blog, dia memberi nama Si-Mac. Blog Si-Mac ditulis dalam Bahasa Inggeris, ini bukti achievement Daniel yang sudah advanced dalam Bahasa Inggeris. Bikin blog dalam bahasa Inggeris bukan suatu hal yang mudah. Blog ini bikin bangga Papa dan Mamanya. (Terimakasih kepada KELT dan Wall-Street)

Anakku hebat ya…. (biarlah, bapaknya ge..er).

Di akhir tahun 2012, Daniel memasuki semester 5, semester 6 nanti di awal tahun 2013. Setelah itu mulai masuk kerja. Kemanakah Daniel gerangan di tempatkan oleh Kementerian Keuangan? Mamanya berharap Daniel bisa ditempatkan di Surabaya, sambil kerja bisa meneruskan sekolah dan tinggal di rumah orang tua.

Tanggal 23 Oktober 2013, Daniel bersama lebih dari 2000 mahasiswa STAN lainnya di wisuda. Tempat wisuda cukup jauh di Sentul International Convention Center. Setelah itu Daniel istirahat dulu menunggu langkah selanjutnya.

___________________________________________________________________________

Lilypie Kids Birthday tickers
Umur Daniel dihitung oleh Lilypie, dalam tahun, bulan dan hari…..

___________________________________________________________________________ Foto-foto perjalanan hidup Daniel

Daniel-A_0003Digendong mama beberapa minggu setelah kelahiran.

Daniel-A_0006
Daniel tertawa ngakak digendong Oppung, Lokasi Jl. Bendi Raya, Tanah Kusir, Jakarta.

Winnipeg_0021

Selesai dibaptis oleh Pendeta Leon Linquist di Epiphany Lutheran Church, Dalhousie Drive, Winnipeg, Canada.

Daniel dan mamanya di  depan University of Manitoba, Winnipeg, Canada.

Daniel mau main Toboganing, luncuran di salju. Lokasi di Univillage, Dalhousie Drive, Winnipeg, Canada.

Daniel dalam gendongan Papa ditengah salju Winnipeg, Canada.

Bersama mama, mau meluncur dengan toboganing diatas salju.

Daniel Winnipeg_0010
Ulang tahun Daniel yang pertama. Lokasi apartemen “Univillage“, Dalhousie Drive, Winnipeg, Canada.

Daniel sewaktu kecil sempat mampir ke Universal Studio di California sewaktu pulang dari Canada menuju Jakarta.

dan2-scan_0011
Naik kuda-kudaan, latar belakang alm Uda Uppak, alm Oppung Suhut Doli. Lokasi Surabaya.
Daniel 026Bersama Mama di suatu acara Lomba Gambar. Lokasi STIKOM Surabaya.
DSC01382
Bersama papa, siap-siap mau “Rafting“. Lokasi Sungai Pekalen, Probolinggo.

Penang 150
Akan tampil di “A Voyage of Songs Choral Festival”, Penang Malaysia. July 2009

Daniel di Watu Ulo, Jember

Daniel di Pantai Watu Ulo, Jember: Juli 2010.

Bersama mama dan papa di Pantai Sendang Biru, Malang Jatim, September 2012.

Daniel bersama teman STAN mendaki Gunung Papandayan, Garut, Jabar. Oktober 2012.

DSC_0051

Wisuda Daniel di Sentul, 23 Oktober 2013