Israel dan Palestina memulai perang baru ….

Dua musuh bebuyutan lama, Israel dan Palestina menyatakan secara resmi sebuah perang baru. Seluruh dunia sudah tau, bahwa sudah sejak lama Israel dan Palestina bertempur di medan perang. Korban jiwa tewas dikedua belah pihak sudah tak terhitung. Kerugian material akibat perang sudah mencapai angka yang sangat luar biasa. Sekarang, kedua belah pihak, Israel dan Palestina sepakat memulai perang baru …. akh … 

Untuk kali pertama Israel dan Palestina secara resmi menyetujui perang baru. Utusan resmi dari kedua belah pihak telah menandatangani kesepakatan untuk berperang melawan global warming dan perubahan iklim. Selain Israel dan Palestina, sejumlah negara lainnya di Mediterania bersepakat untuk bersama-sama berperang melawan global warming. Prakarsa yang dipimpin oleh Perdana Menteri Yunani, George Papandreou adalah untuk membangun kesamaan pemahaman tentang upaya negara-negara di Mediterania untuk menghadapi perubahan iklim.

Kesepakatan negara-negara Mediterania ditandatangani oleh para pemimpinnya sebagai upaya dan persiapan untuk menghadapi konperensi perubahan iklim COP16 UNFCCC di Meksiko akhir tahun ini. Kawasan Mediterania dan Timur Tengah bisa jadi mengalami dampak perubahan iklim yang sangat besar. Negara-negara di kawasan ini sudah mengalami dampak serius akibat perubahan iklim.

Sebagai bagian dari kesepakatan global, Israel telah menyatakan komitmen untuk mengurangi emisi sebesar 20% pada tahun 2020.

Israel’s president had committed the nation to reduce carbon emissions 20% by 2020 at Copenhagenlast year. To achieve the reduction in carbon, Israel’s state-owned electricity company the IEC (Israel Electric Corporation) which supplies nearly all of the electricity for both states, would need to supply a higher percentage of the total electricity (about 12,000 megawatts) that currently powers the two tiny states – with clean energy.

Kesepakatan Israel dan Palestina dibidang lingkungan terutama upaya perlindungan iklim merupakan kemajuan baru. Kedua negara memahami benar bahwa perubahan iklim adalah masalah bersama yang harus dihadapi dengan kebersamaan semua pihak belah pihak. Global warring terhadap perubahan iklim sudah dimulai.

Kalau sebelumnya Israel dan Palestine berperang menewaskan banyak nyawa manusia, maka perang baru ini adalah untuk menyelamatkan nyawa manusia. Sejarah baru Israel dan Palestine dimulai. Perang terhadap perubahan iklim dijadikan langkah kebersamaan antara kedua belah pihak.

Semoga kesepakatan Palestina dan Israel dibidang perubahan iklim ini, membawa babak baru bagi hubungan kedua belah pihak ke bidang-bidang lain, terutama bidang politik, keamanan dan ekonomi kedua negara.

Irael dan Palestina sepakat perang melawan perubahan iklim.

Leave a comment