Blog Action Day 2009: Transpotasi tidak semakin baik

Hari ini para blogger di seluruh dunia melakukan Blog Action Day dengan mengambil topic “Climate Change”. Para blogger diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap upaya untuk menghambat gejala climate change (perubahan iklim) yang terjadi sekarang. Salah satunya dengan menulis posting di blog masing-masing pada tanggal 15 Oktober 2009.

Untuk itu, saya merilis satu post tentang perkembangan sistem transportasi yang ternyata tidak semakin baik. Hal itu terungkap dalam sebuah laporan dari  WBCSD (World Business Council for Sustainable Development),  yang menyatakan bahwa transportasi perkotaan tidak semakin baik dalam beberapa tahun terakhir ini. Dengan kata lain, sebenarnya transportasi perkotaan di seluruh dunia semakin buruk. Kesimpulan ini tentu sangat memprihatinkan ditengah terjadinya climate change (perubahan iklim) secara global.

Laporan yang dirilis oleh WBCSD  itu membandingkan beberapa kondisi transportasi perkotaan di Amerika pada beberapa tahun terakhir. Kondisi di Amerika pada tahun 2007, telah terjadi kemacetan yang mengakibatkan terjadinya pertambahan waktu tempuh sebesar 4,2 milliar jam dari waktu tempuh yang seharusnya. Tambahan waktu tempuh ini menghabiskan lebih dari 2,8 milliar galon bahan bakar. Hal ini menyebabkan pemborosan uang sebesar US$ 87,2 milliar. Angka ini belum termasuk kerugian waktu yang hilang selama perjalanan tambahan tersebut.

Bila diperhitungkan untuk tambahan perjalanan individu, telang terjadi penambahan waktu perjalanan rata-rata perorang sebesar 1, 3 jam dari kondisi pada tahun 2005. Laporan itu mengutip data dan angka di Amerika, tetapi juga sebenarnya mencerminkan sistim transportasi perkotaan di kota-kota besar lainnya di dunia.

Menurut The 2009 Urban Mobility Report  salah satu penyebabnya adalah karena berbagai pihak tidak melaksanakan rekomendasi-rekomendasi perbaikan sistim transportasi. Para pengambil keputusan di berbagai negara dan kota, masih melaksanakan “business as usual” (BAU) dalam peningkatan kualitas transportasi perkotaan. Padahal, kondisi transportasi perkotaan sudah membutuhkan cara-cara radikal untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan transportasi kota.

**

Upaya-upaya perbaikan transportasi di Asia juga dilakukan oleh berbagai pihak. Sejumlah lembaga mendukung dengan berbagai cara. Salah satu diantaranya adalah CAI (Clean Air Initiative) Asia melalui program SUMA (Sustainable Urban Mobility Asia) yang didukung oleh Asian Development Bank (ADB). Untuk itu akan diadakan SUMA Summit pada 29-30 Oktober di New Delhi, India. ADB mensponsori sebuah studi dan penelitian tentang transportasi perkotaan di Asia. Tujuannya tak lain adalah untuk mengupayakan kegiatan peningkatan kualitas transportasi berkelanjutan.

*****

Para blogger yang difasilitasi oleh Blog Action Day 2009: Climate Change, tidak saja hanya menulis sesuatu di blog tetapi juga bergabun di webblog yang disiapkan oleh para penggagas. Para bloger diminta untuk memposting sebuah tulisan pada Blog Action Day hari ini 15 Oktober 2009, dan mentaukannya di Blog Action Day org. Sampai posting ini published hari ini 15 Oktober 2009, tercatat  7.810 blog (web) di 140 negara yang sudah registered di BAD 2009.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s